Gubernur Sumbar Hadiri Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, bersama Sekretaris Daerah dan jajaran OPD lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar, mengikuti Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam rangka mendengarkan Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Selasa (16/8/2022).

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi ini juga turut dihadiri jajaran Forkopimda Provinsi Sumbar. Tampak juga hadir pimpinan OJK Sumbar, pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, Kakannwil Kemenkumham Sumbar dan perwakilan organisasi pemuda, tokoh masyarakat dan Bundo Kanduang.

Peserta rapat paripurna menyaksikan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI lewat siaran langsung Televisi Republik Indonesia (TVRI) melalui tiga layar besar di Ruang Rapat Paripurna.

Presiden Joko Widodo yang tampil mengenakan pakaian adat Bangka Belitung berwarna hijau dengan motif pucuk rebung, menyampaikan apresiasi atas upaya semua pihak di daerah sehingga Indonesia menjadi negara yang mampu melewati pandemi Covid-19 dengan baik.

“Jika kita mampu kelola pandemi dengan baik, pasti juga mampu kelola agenda-agenda besar lainnya,” kata Jokowi.

Gubernur Mahyeldi dalam keterangannya menyampaikan, kunci keberhasilan melewati pandemi tak terlepas dari kaborasi dan sinergi antar daerah. Gubernur berharap, peringatan HUT RI ke-77 ini menjadi momentum untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi demi pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

“Ketika situasi sulit, tidak ada jalan lain kecuali berkolaborasi dan bersinergi. Karena itu, ini momen yang tepat bagi negara dan bangsa kita Indonesia untuk bangkit dan pulih bersama. Khususnya disektor perekonomian, banyak peluang yang bisa diraih di pasar internasional dengan terus meningkatkan produksi hilir dalam negeri,” kata gubernur.

Ketua DPRD, Supardi dalam pembukaan rapat paripurna mengingatkan peserta rapat untuk menjadikan momen peringatan HUT RI ke-77 untuk meneguhkan komitmen kebangsaan yang kuat, maju dan sejahtera.

Sekaligus, Supardi juga mengajak untuk tidak melupakan jasa para pejuang dan pahlawan pendiri bangsa yang banyak berasal dari Sumatera Barat.

“Banyak pendiri negara ini berasal dari Sumatera Barat yang hidup penuh kesederhanaan dan sahaja. Ada Bung Hatta, H. Agus Salim, Sutan Syahrir, Tan Malaka, M. Yamin, Buya Hamka, M. Natsir, dan masih banyak lagi. Berbeda pendapat dan berdebat panjang, tapi tetap kompak dalam suasana kekeluargaan. Ini harus menjadi semangat kita juga hari ini,” kata Supardi.

Selain mengikuti sidang tahunan, di hari yang sama, Gubernur Mahyeldi juga mengikuti Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden RI Dalam Rangka Penyampaian RUU tentang APBN 2023 beserta Nota Keuangannya.(doa/MMC)

Dinas Kominfotik Sumbar