Bawaslu Rakor & Pengukuhan Saka Adhyasta Pemilu Pilkada Gubernur Sumbar

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman Gelar Rapat Koordinasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Serta Pengukuhan Saka Adhyasta Pemilu Kota Pariaman Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020, dilaksanakan di Aula Pertemuan RM Sambalado, Desa Simpang, Rabu (28/10/2020).

Dalam sambutan Sekretaris Bawaslu Kota Pariaman, Riky Falantino yang pada saat bersamaan dilantik menjadi Ketua Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu Kota Pariaman Periode 2020 sampai dengan 2025, mengatakan bahwa kegiatan yang kita lakukan hari ini agak berbeda dengan acara sosialisasi seperti yang pernah dilakukan Bawaslu sebelumnya.

“Pada Rakoor kali¬† ini kita awali dengan pengukuhan serta pelantikan Saka Adhyasta Pemilu yang merupakan Saka yang ada di pusat, kerjasama antara Bawaslu Kota Pariaman dengan Kwartir Cabang 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman,” ujarnya.

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam narasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020, khususnya bagi angota Saka Adhyasta Pemilu dan Anggota Pramuka, Organisasi Pemuda, Komunitas dan Media yang kita undang, kemudian memberikan pendidikan pengawasan khusus bagi para peserta Rakor kali ini, yang berjumlah 60 orang,” tuturnya lebih lanjut.

Sementara itu Plt. Kakwarcab (Ketua Kwartir Cabang) 16 Pramuka Kota Pariaman, Hendri mengungkapkan bahwa pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini.

“Karena Kita memahami, dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Harapannya, penyelenggaraan pemilu berjalan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), serta demokratis,” ucapnya.

Karena itu, Bawaslu telah membuat program dalam rangka Pengawasan Partisipatif tersebut, salah satunya dengan dibentuknya Saka Adhyasta Pemilu, yaitu Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan pengawalan pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis pengawasan pemilu bagi anggota Pramuka, jelas Hendri yang merupakan Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman ini.

“Gerakan Pramuka dalam mengawasi pemilu merupakan sumbangsih yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan demokrasi di Indonesia. Gerakan Pramuka bisa menjadi inisiator dan pelopor bagi pemuda-pemudi bangsa untuk menjadi relawan dalam menegakkan demokrasi dan Gerakan Pramuka bisa menularkan semangat kerelawanan dalam pengawasan pemilu,” terangnya.(J)