Ory Sativa Syakban Pilkada Bupati & Wakil Bupati Semakin Dekat, Pastikan Pasangan & Partai Pendukung

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)— Ory Sativa Syakban, S.Pd.I, Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Padang Pariaman, mengatakan, pendaftaran pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati sesuai dengan tahapan, akan dibuka dari anggal 4 – 6 September 2020.

Hal itu disampaikan Ory Sativa kepada wartawan, Kamis (6/8/2020) di ruang kerjanya, Kantor KPU  Padang Pariaman.

Dikatakan, penyelenggaraan KPU  Padang  Pariaman, sekarang  sedang melaksanakan proses finalisasi Coklit Data Pemilih, terhadap data Pemilih Pindah keluar Daerah. Pemilih Pindah Dalam Daerah,Ppemilih Baru, Pemilih yang alih status pekerjaan.

Kemudian  TNI, Polri dan Sebaliknya, meninggal dunia serta  terhadap data pemilih yang tidak dikenal, dengan herkoordinasi kepada berbagai pihak, seperti Wali Korong dan Pihak Nagari.

Lebih jauh dituturkan, Coklit (pencocokan dan Penelitian) akan selesai dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2020, dan dilanjutkan dengan penyusunan Daftar Pemilih Sementara oleh PPS, dan secara berjenjang akan dilakukan rekapitulasi di tingkat Kecamatan dan Kabupaten hingga tanggal 4 September 2020.

Masih kata Ory, di saat bersamaan, KPU  Padang Pariaman, sudah mulai mensosialisasikan Syarat Minimal Dukungan Kursi atau Suara Sah, bagi Bapaslon yang akan diusung oleh Parpol. Komisi Pemilihan Umum (KPU)  sudah menerbitkan SK KPU Kabupaten Padang Pariaman No. 51-Pl.02.2-Kpt/1305/KPU-Kab/VIII/2020 tentang penetapan Persyaratan Pencalonan.

Dan  Untuk Parpol atau Gabungan Parpol pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Tahun 2020, kepada berbagai pihak terkait sudah kami sampaikan Salinanya, dan Masyarakat bisa mengaksesnya di Laman kab-padangpariaman.kpu.go.id.

“KPU beharap tahap demi tahap dapat berjalan sesuai target, sehingga tidak ada yang mengganggu kepada tahapan berikutnya,” ujar Ory yang akrab disampa dengan buya Ory ini.

Menurut Ory, Syarat Kursi Minimal 8 kursi atau minimal suara sah 51.439 suara sah pada Pemilu 2020, lalu.

“Kita menghimbau  kepada Pabaslon, untuk segera memantapkan pasangannya dan memastikan partai pengusungnya, karena waktu tidak cukup 1 bulan lagi. Apabila Pabaslon, bisa berbagi, akan ada 4 pasang  Pabaslon yang akan mendaftar,” tukuk Ory lagi.

Khusus Pasangan perseorangan yang mendaftarkan 1 pasang yaitu Ramal Saleh-Rustam, sudah dipastikan tidak bakal ikut mendaftar pada tanggal 4-6 September 2020. Karena tidak memenuhi kouta dukungan setelah dilakukan ferfikasi faktual.

Tetapi Ramal Saleh-Rustam, masih bisa maju  dengan partai politik. “Gagal dengan perseorangan, maju lagi dengan Parpol, artinya, peluang masih ada, jangan berhenti  sebelum maju ke medan perang. ,

“Seorang patriot sejati itu, tidak  akan menyerah, sebelum darah penghabisan. Soal beruntung tidaknya dalam pemilihan nanti tergantung kepada garis tangan dan takdir diri masing-masing,” ulang Buya Ory menimpali. (aa)