BKKBN Gelar Kegiatan Pembinaan & Fasilitasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)— Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar kegiatan Pembinaan dan Fasilitasi penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) bagi kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R)  di Aula Kantor Bersama Pemko Pariaman Kelurahan Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Senin (3/8/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman Nazifah mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Provinsi maupun Pusat telah menunjuk Kota Pariaman sebagai tempat dilaksanakannnya PKBR tersebut.

“Hari ini BKR dan PIK R Kota Pariaman mendapat kesempatan mengikuti PKBR. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan remaja Sumatera Barat unggul, Kota Pariaman maju. Ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan positif. Apalagi berkaitan dengan program kependudukan yang juga mengudukasi para remaja mengetahui program tersebut, “ungkap Kepala DP3AKB Kota Pariaman Nazifah.

Kegiatan pembinaan pelaksanaan PKBR bagi PIK R dan BKR juga merupakan sarana promosi dan penyebarluasan informasi program generasi berencana (GenRe) Kota Pariaman. Ini menjadi salah satu langkah strategis dalam menambah pengetahuan keompok PIK R dan kelompok BKR dalam penyiapan PKBr. Mengingat remaja Kota Pariaman akan menghadapi tantangan yang cukup berat kedepannya ditengah arus globalisasi dan tekhnologi yang tidak terbendung.

Deputi Bidang Advokasi, Penggecekan, dan Informasi (ADPIN) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat Nofrijal mengatakan kegiatan ini merupakan prioritas Nasional Sumatera Barat dan salah satunya dilaksanakan di Kota Pariaman.

“Kegiatan ini telah dijadikan prioritas di tingkat nasional karena negara bertanggung jawab dan memastikan bahwa setiap remaja itu memiliki pengetahuan, mendapatkan informasi yang jelas dan akurat tentang kesehatan reproduksi remaja. Ini sekaligus menjadi bagian dari program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana),” ungkapnya.

Remaja kedepan dalam bangga kencana akan menjadi pelaku utama untuk mempengaruhi masyarakat untuk mengikuti KB dan bagaimana pentingnya KB di tengah masyarakat. Program ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap problematika yang terjadi di dunia remaja kini.

“Yakni program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktekkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan Remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana (Genre), “ tambahnya.

“Hadirnya pembinaan untuk mewujudkan remaja yang berkualitas sangat bermanfaat, karena kita semua sudah tau bahwa remaja adalah kunci penerus bangsa. Jangan sampai remaja kita membuang-buang waktunya dengan mengikuti kegiatan yang tidak bermanfaat,” ucapnya (dewi lestari)