TP PKK Kota Pariaman Miliki Program Kerja UP2K Guna Meningkatkan Keterampilan Kader

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman — TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Kota Pariaman melalui Pokja (Program Kerja) II, memiliki program kerja Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Upaya itu guna meningkatkan keterampilan serta keahlian Kader PKK yang berdampak kepada peningkatan ekonomi keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius mengatakan, UP2K merupakan salah satu program kerja PKK yang bertujuan meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam menambah pendapatan keluarga.

Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi, pembinaan serta pelatihan. “Kami rutin melakukan sosialisasi, pembinaan serta memberikan pelatihan UP2K kepada kader PKK yang ada di Kota Pariaman,” ujarnya ketika memberikan keterangan kepada Tim Media Center Kominfo Kota Pariaman, Kamis (23/7/2020).

Tak hanya itu, Melalui pembinaan yang dilakukan PKK juga memberikan pelatihan cara pengemasan serta pemasaran produk yang benar dan menarik. Sehingga menambah daya jual produk ke konsumen.

“Pengemasan dan pemasaran sangat penting agar produk dikenal dan diminati oleh masyarakat, Apalagi saat ini dapat memanfaatkan teknologi dalam pemasaran secara online,” pungkasnya.

Istri Walikota Pariaman ini juga mengungkapkan pada Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun 2020 yang selesai kemaren, juga digelar lomba pameran UP2K antar PKK Kecamatan yang ada di Kota Pariaman.

“Kegiatan UP2K PKK telah dapat dirasakan oleh keluarga dan masyarakat didaerah. Produksi yang dihasilkan telah mampu merubah tingkat ekonomi keluarga, sehingga melalui kegiatan UP2K meningkatkan pendapatan keluarga yang memenuhikebutuhan hidup yang berkecukupan,” tuturnya.

“Karena itu , mulai UP2K di tingkat Kecamatan sampai ke Desa dan Kelurahan kita upayakan agar dapat berdaya saing dan bernilai jual, sehingga nantinya para kader PKK yang ada di akar rumput, kehidupanya menjadi lebih baik dengan adanya tambahan penghasilan dari usaha yang dibuat baik perorangan maupun kelompok oleh kader PKK kita,” jelasnya.

Pemberdayaan ekonomi keluarga pada dasarnya agar seluruh anggota keluarga terlibat dalam kegiatan produktif, sehingga bertambah pendapatan keluarga. UP2K PKK ditingkat rumah tangga menjadi pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi masyarakat, ulasnya mengakhiri. (J)