Kadis LHPKPP Padang Pariaman Yuniswan Terima Kunjungan DPP Kabupaten Musi Rawas Utara

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Kepala Dinas LHPKPP Padang  Pariaman Ir. YUNISWAN,  M. Si Selasa (14/7/ 2020) menerima kunjungan kerja Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten  Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan beserta jajaran di ruang kerja dinas LHPKPP Jl Imam Bonjol no 10 Pariaman.

Kabupaten Musi Rawas Utara merupakan Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas yang sekarang  baru berusia 7 tahun!

Dalam kunjungan kerjanya Sekdis Perkimtan Musi Rawas Utara DEFRI cs menyampaikan antusiasme dan keinginan untuk menggali informasi,  ilmu,  trik dan kiat-kiat dalam pelaksanaan kegiatan bidang perumahan khususnya Rumah Swadaya,  Rumah Khusus dan Rumah Susun yang ada di Kabupaten  Padang Pariaman.

Disampaikan Deri, dengan anggaran OPD lebih kurang 50 milyar setahun (sebelum covid-19) Dinas  Perkimtan Musi Rawas Utara merasa belum optimal dalam penyelenggaraan kegiatan bidang perumahan yang sudah menjadi urusan wajib.

Sementara Kabupaten  Padang Pariaman dengan anggaran APBD yang terbatas (tidak sampai sepertiga dari anggaran mereka)  tapi mampu mengoptimalkan pemanfaatan anggaran khususnya menggaet dana2 bantuan yg berasal dari pemerintah pusat melalui kementerian PUPR dalam bentuk kegiatan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Bantuan Rumah Khusus (Rusus) dan Rumah Susun Sewa (RUSUNAWA)

Lebih lanjut kadis sharing informasi,  trik dan kiat dalam upaya menggaet dana-dana tersebut dengan cara menyiapkan data base kawasan kumuh,  data base rumah tidak layak huni (RUTILAHU) lengkap dengan data By Name By Address (BNBA)  serta setiap proposal yg diajukan kepada pemerintah pusat harus memenuhi readyness criteria yang dipersyaratkan terutama menyangkut kesiapan lahan (clean and clear) serta upaya-upaya loby yang kuat dari para decision maker dalam mewujudkan program-program   tersebu!

Selanjutnya setelah acara silaturrahim di kantor rombongan dari Dinas Perkimtan Kabupaten. Musi Rawas Utara berkenan mengunjungi Rusunawa ASN Padang  Pariaman yang berlokasi di Parit Malintang Kecamatan  Enam Lingkung dan sangat tertarik dengan bangunan megah tersebut meskipun hingga saat ini belum dimanfaatkan secara optimal karena masih belum serah terima aset.

Apabila rusunawa tsb sudah ditempati bapak sekdis perkimtan berkeinginan membawa anggota DPRD Musi Rawas Utara untuk melakukan kunjungan kerja ke Padang Pariaman berbagi trik dan kiat untuk mewujudkan hal yg sama di Kab. Musi Rawas Utara. (aa)