Penyaluran BLT Nagari Sungai Buuh Selatan Menimbulkan Kecemburuan Sosial Bagi Yang Tidak Menerima

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)— Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Nagari Sungai Buluh Selatan Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, telah terjadi kecimburuan sosial di tengah masyarakat.

Menurut sumber yang layak dipercaya, penyaluran BLT yang menimbulkan kecemburuan sosial itu, yaitu BLT Provinsi Sumatera Barat. Penyebab utamanya data yang di naikan ke Propinsi  orang-orang  terdekat wali nagari,  kasarnya yang menerima itu, tim suksesnya atau orang-orang yang berjasa dalam pemilihan wali nagari. Kata lainnya lagi koleka-koleka wali nagari

Wali Nagari Sungai Buluh Selatan, Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, Eri Gunung ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/6/2020) mengatakan, informasi yang disampaikan masyarakat tidak benar sama sekali.

“Rasanya, kami atas nama pemerintahan nagari telah berbuat seadil-adilnya, untuk masyarakat. Namun masih saja terjadi, rasa ketidak puasan dari masyarakat, kami berikan bantuan kepada yng berhak menerimanya sesuai dengan jumlah yang ada,” ujar Eri.

Dikatakan, Nagari Sungai Buluh Selatan telah menyalurkan Bantuan Langusng Tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk  220. Kepala Keluarga (KK) miskin. Kemudian BLT Kemensos Ri = 72.KK miskin. Setelah itu BLT  Propinsi Sumbar buat 65.KK miskin.

Kemudian untuk BLT  Kabupaten 39.KK miskin, Khususn BLT Kabupaten, dananya belum turun dari Pemda Padang Pariaman. “Memang masyarakat namya yang sudah terdaftar, sangat berharap BLT Kabupaten segera diturunkan,” tutur Eri Gunung.

Lebih jauh disampaikan, masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Sungai Buluh Selatan berjumlah 74 KK miskin. “Kita berharap kepada masyaraat yang menerima dana BLT, karena program Covid 19, untuk memanfaatkan dananya buat kebutuhan harian dalam rumah tangga,” tukuk Eri.

Menurut sumber di lapangan  untuk penerima bantuan BLT Propinsi, maupun BLT DD di daerah atau nagari-nagari lain di Kabupaten Padang Pariaman. Termasuk di Kematan Batang Anai semua nagari menempelkan stiker di rumah warga yang mendapatkan bantuan BLT itu.

“Akan tetapi untuk Sungai Buluh Selatan tidak memberikan stiker di  rumah yang dapat itu…apakah Nagari Sungai Buluh Selatan ini tidak satu kesatuan komando dari kabupaten atau dari DPMD.Padang Pariaman,” ujarnya. (aa)