Mutasi Biasa Terjadi, Publik Berspekulasi

TABLOIDBIJAK.COM (Limapuluh Kota)—— Publik luas, khususnya masyarakat Luak Limapuluah, dibuat kaget serta kecewa, atas dicopotnya AKP. Anton Luther, SH, Kasat Reskrim Polres Limapuluh Kota, konon menjabat PS Kapolsek Pauh Padang. Apa pasal ?.

Berdasarkan rumor yang beredar, baik di tengah-tengah masyarakat dan publik di Luak Limapuluh Kota khusus, dicopotnya pembantu Kapolres, AKBP. Sri Wibowo, bidang Reserse dan Kriminal, konon usai diperiksa Propam Mabes Polri, terkait adanya Laporan ” Intimidasi” pemeriksaan Saksi- saksi dan di Tersangka kan nya “RO”, tanpa ada pemeriksaan sebagai Saksi Terlapor atas Laporan Polisi Zamhar Pasma Budi, yang diduga miliki Kewarganegaraan Ganda, dengan tuduhan Penipuan.

Berdasarkan catatan media, atas Laporan Polisi Zamhar Pasma Budi, No.LP/K/67/X/2019 di Polsek Suliki, dugaan tindak pidana Penipuan itu, Polres Limapuluh Kota, berdalih bahwa kasus tersebut, terkait yang Terlapor, Caleg DPR RI, dari Partai Demokrat (RO) dan Pelapornya, Zamhar Pasma Budi mengambil alih penanganan ke Polres, lantas terbitkan Surat Ketetapan Polres Limapuluh Kota, No. S.TAP/5/I/Res.1.11/2020, tanggal 29 Januari 2020, dengan Tersangka kan “RO”, tanpa diperiksa sebagai saksi Terlapor.

Menurut Penasehat Hukum ” RO”, Jon Mathias, SH, setelah mempelajari terbitkan Surat Ketetapan Polres Limapuluh Kota, No. S.TAP/5/I/Res.1.11/2020, tanggal 29 Januari 2020, dengan Tersangka kan “RO”, tanpa diperiksa sebagai saksi Terlapor, seyogyanya bertentangan dengan Pasal 184 KUHAP akhirnya daftar surat Praperadilan di Pengadilan Negeri Tanjung Pati Kab. Limapuluh Kota, Senin, 17/2/ 2020, dan beberapa kali sidang Praperadilan berlansung dan putusan, Rabu,( 26/2) besok.

Namun publik luas di Luak Limopuluah, Jumat, 21/2 sontak dikagetkan dengan beredarnya Surat Telegram Kapolda Sumbar No. ST/259/II/KEP/2020, tanggal 21/2/2020, An.Kapolda Sumbar Cq. Karo SDM, Kombes Pol. Hendra Wirawan, SH,SIK,MH, tentang Pemberhentian DR dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polda Sumbar, tercatat pada poin 39, AKP. Anton Luter, SH, sebagai Kasat Reskrim Polres Limapuluh Kota, di copot dan di tempat tugaskan sebagai PS Kapolsek Pauh Polresta Kota Padang.

Meskipun, Mutasi dan Rotasi jabatan diberbagai Institusi, hal tersebut biasa terjadi, namun mutasi Kasat Reskrim, AKP. Anton Luter, santer menimbulkan spekulasi ditengah- tengah masyarakat, khususnya di Luak Limapuluah.

Ada yang berspekulasi pencopotan AKP. Anton Luter, SH, terkait adanya rumor beredar atas Laporan 5 Saksi yang di Intimidasi Penyidik dalam kasus pemeriksaan Pelapor Zamhar Pasma Budi di Polsek Suliki, Dugaan Penipuan denganTerlapor “RO” ke Propam Mabes Polri,”ujar beberapa sumber.

Juga ada rumor, terkait Penetapan Tersangka “RO” oleh Polres Limapuluh Kota, Nomor. S.TAP/5/I/Res.1.11/2020, tanggal 29 Januari 2020, yang disebutkan Penasehat “RO”, Jon Mathias, SH, bertentangan dengan Pasal 184 KUHAP, karena tidak pernah diperiksanya Saksi Terlapor.

Hingga berita ini di turunkan, media belum berhasil dapatkan konfirmasi baik dari Kapolres Limapuluh Kota, AKBP. Sri Wibowo, atau Kasat Reskrim, AKP. Anton Luter, SH.( Tim)