Sumbar Tuan Rumah World Cancer Day 2020 National

adang – Sumatera Barat ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan peringatan Hari Kanker se Dunia (Worl Cancer Day) Nasional pada tanggal 15-16 Februari 2020. Puncak acara nantinya akan disiapkan pada kegiatan Car Free Day, dihardiri Gubernur, Forkopimda Panitia Pusat World Cancer Day 2020 dengan dimeriahkan dengan hiburan bersama IP Band.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. dr Merry Yuliesday Mars, pada Rapat Persiapan Panitia Peringatan Hari Kanker Sedunia Tahun 2020 di Sumatera Barat, Kamis (26/12/2019).

Lebih lanjut Merry menyampaikan kepastian Sumatera Barat jadi tuan rumah penyelenggaraan peringatan Hari Kanker se Dunia secara nasional berdasarkan kesepakatan panitia pusat yang disampaikan kepada kami.

“Kita telah melakukan koordinasi dengan pak Gubernur, beliau amat merespon baik bagaimana kegiatan ini nantinya juga dapat memberikan kemajuan pembangunan sektor kesehatan di Sumatera Barat untuk meningkatkan wawasan masyarakat terhadap menjaga kesehatannya hidup sehat”, ujarnya.

Merry juga mengatakan, peringatan hari World Cancer Day, diinisiasi Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada 2008.

Tujuan dari UICC adalah untuk menurunkan angka kematian akibat penyakit kanker. Berawal dari situ, kemudian ide tersebut dikaji Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada pertemuan yang diadakan di Paris pada 4 Februari 2000, pemimpin lembaga pemerintah, organisasi kanker dunia, dan PBB menandatangani sebuah kesepakatan Piagam Paris untuk melawan Kanker.

Piagam tersebut merupakan dokumen yang berisi 10 artikel yang menguraikan komitmen global terkait kerja sama meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Kesepakatan ini juga untuk investasi berkelanjutan dalam kemajuan penelitian, pencegahan, dan pengobatan kanker. Piagam itu juga mencantumkan tiap 4 Februari sebagai Hari Kanker Dunia dan diperingati setiap tahun, ungkapnya.

Ketua Pelaksana Peringatan Hari Kanker Sumatera Barat, Dr. dr. Irza Wahid, SpPD, KHOM, juga menyampaikan, Sumatera Barat jadi tuan rumah secara nasional pada peringatan Hari Kanker Sedunia 2020, merupakan kebanggaan tersendiri tapi juga tatangan kita bersama untuk menyukseskannya.

“Di tunjuknya Sumatera Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Kanker Sedunia 2020 secara nasional itu sebuah penghargaan bagi masyarakat Sumbar. Oleh karena segala kemampuan potensi dan kondisinya, kita ingin peringatan Hari Kanker Sedunia sukses hendaknya”, harapnya.

Irza Wahid yang juga ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) Provisi Sumatera Barat juga mengatakan, guna memeriahkan dan menyukseskan Peringatan Hari Kanker Sedunia di Sumbar, kita telah susun beberaoa agenda acara, ada simposium awam dan dokter, acara bersama masyarakat Olahraga dan pengobatan serta juga merencanakan masuk sekolah SMK/SMA/MAN memberikan sosialisasi pencegahan penyakit kanker sejak dini.

” Ada yang amat berkaitan dengan tema World Cancer Day 2020, yakni tentang deteksi dini penyakit prostat, paru dan luekemia pada simposium dokter. Kemudian juga deteksi dini penyakit mamae, cervix dan colorectal pada simposium awan bagi masyarakat yang akan undang tersebut mencapai 500 orang peserta dengan beberapa nara sumber nasional bidang kesehatan”, terangnya.

Irza juga mengatakan, kita masih akan membahasnya lebih dalam dan banyak lagi melakukan rapat-rapat koordinasi panitia untuk menfitkan semua agar dapat dilaksanakan nantinya dengan baik sukses dan meriah.