Makruf Amin Jadi Ketua Penasehat ICMI

TABLOIDBIJAK (Padang) — Wakil Presiden Makruf Amin resmi menjabat sebagai Ketua Penasehat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqi pada acara Silahturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI ke 29 di Auditorium Universitas Negeri Padang, Jumat (6/12).

Dikatakan Jimly, sebelumnya jabatan ketua Dewan Kehormatan ICMI dijabat oleh mantan Presiden RI yang juga salah satu tokoh pendiri ICMI BJ Habibie untuk periode 2015-2020. Posisi ketua Dewan Kehormatan ICMI kosong setelah meninggalnya Habibie pada 11 September lalu.

Ketua Dewan Kehormatan ICMI dijabat oleh mantan Wapres RI Jusuf Kalla. Sebelumnya JK merupakan pejabat Ketua Dewan Penasehat ICMI periode 2015-2020. Jadi posisi Dewan Penasehat yang ditinggalkan JK kini diisi Makruf Amin.

“Kemarin saya bilang ke Pak JK (di acara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa dari UNP untuk JK) supaya beliau mau naik jadi Ketua Dewan Kehormatan. Supaya tidak kosong. Alhamdulillah beliau mau dan saya minta juga Pak Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Penasehat, Alhamdulillah juga mau. Jadi tidak ada lagi posisi penting yang kosong,” kata Jimly.

Menanggapi hal tersebut Ma’ruf Amin pun menyebutkan dengan senang hati menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat ICMI. “Terima kasih sudah jadikan saya ketua dewan penasehat. Ini memang spesialisasi saya. Di mana-mana saya selalu jadi dewan penasehat,” ungkap Ma’ruf. (fardi)