Kota Pariaman Sukses Melaksanakan Grand Start Ivent Tour De Singkarak 2019

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)–Ivent Tour De Singkarak 2019, telah dimulai, Sabtu (2/11/2019), Kota Pariaman sukses penyelenggaraan Grand Start.

Pada etape I, atau Etape perdana kejuaraan Balap Sepeda internasional ini, akan bersepeda di jalan raya sejauh 107,3 KM yang diawali dengan Start dari Pantai Gandoriah, Kota Pariaman dan Finish menuju Istana Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar.

TdS 2019 pada Etape I kali ini, di ikuti sebanyak 98 pebalab dari 18 Negara yang tergabung dalam 18 tim. Sebelum masuk etape 1, para pebalap mengikuti rute loop TdS, yaitu berkeliling Kota Pariaman.

Rute Loop dimulai start di Pantai Gandoriah, lanjut Hotel Nan Tongga – Simpang Ahmadin Kampung Pondok – Simpang Tabuik – Simpang Sianik – Simpang Alai Gelombang – Simpang LLAJ – Simpang Taratak – Simpang Kampung Baru – Simpang Kampung Kaliang – Jalan Syech Burhanuddin menuju Jembatan Sunur – Muaro Sunur – Pantai Sunur – Pantai Kata – dan kembali lagi melewati Pantai Gandoriah.

Selanjutnya, para pebalap tersebut masuk etape 1, menuju Kabupaten Tanah Datar. Dengan rute, Pantai Gandoriah – Simpang Amadin Kampung Pondok – Simpang Tabuik – Simpang Sianik – Simpang Alai Gelombang – Simpang LLAJ – Simpang Lapai – Simpang Jaguang – Simpang Basoka Kurai Taji – Batas Kota Jembatan Kurai Taji – Simpang Asoy – Pasar Lubuk Alung – Sicincin – Kayu Tanam – Lembah Anai -Kantor Walikota Padang Panjang – Jl. Raya Padang Panjang – Batusangkar – Pasar Simabur, dan finis di Istana Basa Pagaruyung (Tanah Datar).

TdS Dimulai dengan rute Loop ini, agar peserta balap sepeda, bisa menikmati keindahan alam yang ada di Kota Pariaman. “Dengan melihat langsung panorama keindahan pantai di sepanjang pantai pariaman, kita berharap, para peserta dapat enjoy dan bisa menikmati suasana ini, untuk dibawa sebagai kenang-kenangn ketika mereka balik ke negaranya masing-masing,” ujar Walikota Pariaman, Genius Umar.

Dengan mengelilingi Kota Pariaman, khususnya pesisir pantai, warga Kota Pariaman juga dapat menyaksikan langsung aksi para pebalap sepeda yang datang dari berbagai negara ini.

“Kita berharap penyelenggaaraan TdS di Kota Pariaman ini, memberikan dampak terhadap tingkat kunjungan, baik hotel maupun wisatawan mancanegara, selain dampak perekonomian yang didapat para pedagang dan pelaku UKM di Kota Pariaman”, tutupnya.

Para pebalap mulai gowes, dengan dilepas oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit didampingi Wako Pariaman Genius Umar dengan mengangkat bendera Start. Hadir Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin bersama jajaran Forkopimda Provinsi Sumbar dan Kota Pariaman, serta tamu undangan yang hadir. (J)