Dua Malam di Puncak Panorama Ampangan, Nikmati Alunan Musik Sikatuntuang

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Beberapa aksi penampil di malam pertama Payakumbuh Botuang Festifal (PBF) 2017, pukau penonton yang hadir sambil menikmati suasana malam di Puncak Panorama Ampangan, Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Jumat (1/12) malam.
Tim kreatif PBF Ijot Goblin, kepada wartawan, mengatakan, penampilan Minangapentagong di malam puncak PBF 2017, berkolaborasi dengan Bundo Kanduang yang memainkan Sikatuntuang sukses menghipnotis malam di Puncak Panorama Ampangan. Selain Minangapentagong, juga dimeriahkan dengan penampilan komposer Taufik Adam yang memainkan komposisi musik yang berjudul Return to Bilah.
Kemudian Ranah Performing Arts Company dari Padang juga hibur pengunjung yang sejak sore memadati Kawasan Panorama Ampangan. “Pertunjukkan teater berjudul Mite Kudeta dari Ranah PAC hadirkan sensasi menonton pertunjukkan luar biasa,” jelas Ijot Goblin.
Diperjelas Ade Suhendra tim kreatif lainnya, tidak hanya musik dan teater, PBF 2017 dihari pertama ini juga menyuguhkan kolaborasi seni sastra bersama penyair Nasional asal Payakumbuh yaitu Iyut Fitra yang berkolaborasi dengan orkestra Minangapentagong. Puisi berjudul Bedil-bedil Betung menjadi andalan Iyut Fitra yang berpuisi diiringi orkestra.
Selain Iyut Fitra, juga mengatakan, dalam kesempatan ini juga hadir penyair Sosiawan Leak, pertunjukkan tari dari Ali Syukri, dan komposisi musik Sirompak dari La Paloma. Ivent PBF ini sendiri dibuka langsung oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz didampingi Ketua Komisi V DPRD Sumbar Supardi dan Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Wilman Singkuan serta Kepala Taman Budaya Sumbar Muasri, ujarnya. (ada)