Awal November, Lima Puluh Kota Miliki Pos SAR

BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)—Keseriusan bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi terhadap kemanusian, khususnya tentang pencarian dan pertolongan manusia yang ditimpa bencana banjir, longsor, angin puting beliuang, gempa bumi, kebakaran dan bencana lainnya, ternyata disikapi dari berbagai pihak.
Hal tersebut disampaikan Kepala Basarnas Sumbar, Sumpeno Yuwono didampingi anggota Basarnas, Plt Kalak BPBD Lima Puluh Kota Hendri Yoni ketika bersilaturahmi ke Balai Wartawan Luak Limopuluah, usai menyigi ruangan yang telah disediakan bupati Lima Puluh Kota, Senin (30/10). 
Diakui Yuwono, sebentar lagi atau awal bulan November 2017 ini, Pos SAR sudag ada di Lima Puluh Kota. Tujuannya, untuk memudahkan dalam bergerak jika terjadi bencana di Lima Puluh Kota. 
Selama ini, daerah Lima Puluh Kota memang rawan bencana, tingginya potensi bencana alam, karena itu Bazarnas Propinsi Sumatera Barat membuat kebijakan akan membuka Pos SAR di kabupaten Lima Puluh Kota.
Persetujuan untuk membuat Pos SAR di kabupaten Lima Puluh Kota itu, mendapat dukungan penuh dari Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi. Alhamdulliah, Bupati Irfendi Arbi, sangat mendukung didirikannya Pos SAR di kabupaten Lima Puluh Kota. Bahkan, bentuk dukungan itu, pemkab sudah menyiapkan tempat kantor sebagai Pos SAR.
Jika Pos SAR sudah disiapkan Pemkab, Insyaallah awal bulan November ini satu regu anggota Basarnas ( 8 orang,red) sudah ditempatkan di kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk mendukung keberadaan Pos SAR, nantinya Basarnas tidak hanya sekadar menempatkan orang-orang Basarnas di Lima Puluh Kota. Namun juga akan menempatkan sejumlah peralatan untuk penanggulangan bencana seperti perahu karet, mobil rescue dan alat-alat rescuenya lainnya.
Sejuah ini, Basarna Sumbar sudah membentuk 2 Pos SAR di wilayah Propinsi Sumatera Barat yakni di kabupaten Mentawai dan Pasaman. Kemudian Kabupaten Lima Puluh Kota.  Kedepan bukan tidak mungkin Kabupaten Lima Puluh Kota akan memiliki Basarnas sendiri.
“Jika Pemkab Lima Puluh Kota bersedia menyiapkan lahan seluas 2 hektar untuk membangun pusat perkantoran dan perumahan Basarnas Lima Puluh Kota, InsyaAllah Basarnas Pusat akan segera membantu pendanaannya untuk membangun Basarnas Lima Puluh Kota, “jelasSumpeno Yuwono. 
Sementrara itu, Bupati Lima Puluh Kota diwakili Kalak BPBD Lima Puluh Kota Hendri Yoni, menambahkan, keberadaan Pos SAR di Lima Puluh Kota menindak lanjuti surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi RI Nomor : B/436/M.KT.01/2017 tanggal 24 Agustus 2017, tentang usulan penataan dan pengembangan kelembagaan UPT di Lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.
“Artinya, dengan berdirinya Pos SAR di Lima Puluh Kota, segala urusan kemanusiaan terhadap percarian dan pertolongan, bisa disikapi dengan cepat dan tanggap. Apalagi, tim SAR Lima Puluh Kota dilengkapi dengan personil dan segala peralatannya, “ujar Hendri Yoni. (ada)