Wako Payakumbuh Nominator Leadership Award 2017

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Terpilih sebagai salah satu nominator penerima penghargaan Kepemimpinan Kepala Daerah (Leadership Award) 2017. Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dikunjungi tim penilai dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Balitbang Kemendagri) RI, di Balaikota Payakumbuh, Bukik Sibaluik, Jumat (27/10). 
Kedatangan tim penilai Dr. Aat Surya Safa, Catur Wibowo Budi, dan Purnama Dewi juga disambut meriah dengan tarian gelombang. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, ST. MT Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, sejumlah Forkompinda Payakumbuh, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekretaris daerah dan Asisten Setdako, Staf Ahli, Kepala Instansi Vertikal, pimpinan perguruan tinggi,  segenap Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, sejumlah awak media dan elemen masyarakat Payakumbuh lainnya.
Dalam pertemuan dimaksud, Tim Penilai mengkonfirmasi secara langsung tentang kepemimpinan Walikota Payakumbuh kepada seluruh stakeholder kota Payakumbuh. Seluruh peserta rapat diminta mengisi kusioner tentang kepemimpinan Riza Falepi, dilanjutkan dengan diskusi interaktif.
Ketua Tim Penilai, Dr. Aat Surya Safa, menguraikan, Leadership Award  2017 ini akan diberikan kepada 3 orang Gubernur dari 7 orang Gubernur yang masuk nominasi, 7 orang Walikota dari 14 nominator, dan 12 Bupati dari 24 nominator. Khusus untuk Sumatera Barat, selain Gubernur dan Walikota Payakumbuh, terdapat 3 kepala daerah lainnya yang turut menjadi nominator, yaitu Walikota Padang, Bupati Sijunjung dan Bupati Agam.
Lebih lanjut, Dr. Aat Surya Safa menuturkan, penghargaan yang digelar untuk pertama kalinya ini khusus untuk menilai personal Kepala Daerah. Penghargaannya akan diserahkan oleh Menteri dalam Negeri pada pertengahan Desember nanti. Kepala Daerah dinilai dalam dua hal, yaitu menyangkut kepemimpinannya dibidang birokrasi dan kepemimpinannya dibidang sosial.
Sedikitnya, 4 kriteria menjadi acuan Balitbang Kemendagri dalam menetapkan para nominator. Pertama, Kepala Daerah sudah menjabat minimal selama 4 Tahun. Kedua, mempunyai sederet prestasi, baik ditingkat nasional maupun internasional. Ketiga, tidak tersangkut masalah hukum. Terakhir, banyaknya sorotan media atau media monitoring.
Riza Falepi, penghargaan bukanlah sesuatu yang diidam-idamkannya. Yang terpenting bagi Walikota  yang baru sebulan dilantik untuk periode kedua itu, dapat bekerja optimal bagi kemajuan kota Payakumbuh.
”Bagi Saya sendiri yang terpenting bekerja sekuat tenaga. Kalau sudah bekerja sekuat tenaga, dan hasilnya baik, itu sudah berharga bagi Saya. Kalau ada yang mau memberikan penghargaan, Saya ucapkan terima kasih,” ulaas Riza. (ada)