Nagari Hulu Aie Dimekarkan, Sekaligus Lantik Pj Wali Nagari

BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)—Usai melantik wali nagari persiapan di Koto Tinggi Maek beberapa waktu lalu. Kali ini, Pemerintah kabupaten Lima Puluh Kota kembali melantik wali nagari di kenagarian Hulu Aie, Kecamatan Harau, Jum’at (27/10).
Pelantikan dan pembancaan sumpah dilakukan bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi kepada pejabat (Pj) walinagari, Firdaus di kantor nagari Persiapan, di jorong Hulua Aie, Kenagarian tersebut dihadiri Camat Kecamatan Harau, Deki Yusman, Muspika Kecamatan, kepala-kepala OPD, bamus setempat, niniak mamak, bundo kanduang, beserta masyarakat di nagari Hulu Aie.
Dalam sambutannya, bupati Irfendi Arbi mengatakan persiapan pemekaran nagari Hulu Aie ini merupakan perioritas bagi pemerintah dalam menjadikan nagari Definitif di kabupaten Lima Puluh Kota.
Untuk itu, bupati meminta agar Pj nagari persiapan menyiapkan beberapa program dalam proses menjadikan nagari  Hulu Aie menjadi nagari definitif. “Harapan kita nanti akan ada 100 nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, sehingga proses pembangunan merata di kabupaten ini. Untuk itu,  walinagari persiapan harus bisa menciptakan program-program yang baik,”ujarnya.
Irfendi juga mengajak Pj nagari bisa menggali potensi-potensi yang ada di nagari, sehingga nantinya perekonomian yang ada di kenagarian itu menjadi meningkat. “Ciptakan inovasi bersama masyarakat dalam menggali potensi daerah di Hulu Aie, hingga akhirnya nagari ini nantinya menjadi nagari yang dikenal di Indonesia,”jelasnya.
Bupati juga mengingatkan bagaiman Pj Nagari harus mampu menyelesaikan seluruh perbatasan wilayah dengan nagari induk,  dengan itu persiapan untuk menjadikan definitif akan lebih mudah kedepannya.
“Batas-batas wilayah kita harus jelas, bekerjalah dengan niat  niat yang tulus dan ikhlas untuk mengabdi melayani masyarakat,”pungkasnya.
Sementara itu, pj walinagari Hulu Aie dalam sambutannya mengatakan, akan mengemban amanah yang dipercayakan pemerintah dalam menyiapkan nagari Hulu Aie menjadi nagari definitf di Lima Puluh Kota.
“Insyaaloh amanah yang dipercayakan akan diemban dengan sebaik-baiknya, kita akan rangku semu lapisan masyarakat dalam mempersipkan nagari Hulu aie menjadi nagari definitif,”ujarnya. (