HUT ke-70 Koperasi, Payakumbuh Gelar 7 Kegiatan

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Diusia ke-70, koperasi masih eksis dan menunjukkan perannya sebagai soko guru perekenomian bangsa dan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. 
“Melalui momen Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-70 diharapkan koperasi semakin tumbuh kuat sebagai gerakan ekonomi rakyat yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, “ujar Kadis Koperasi dan UKM kota Payakumbuh, Dahler di ruang kerjanya, Selasa (15/8).
Pada usia ke 70 ini, banyak koperasi yang telah maju dan memberikan manfaat bagi anggota serta masyarakat sekitarnya. Koperasi-koperasi tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan pemerataan pendapatan sehingga kesenjangan ekonomi dapat dikurangi. 
Pihaknya menyadari masih banyak permasalahan yang dihadapi koperasi, seperti kesulitan permodalan dan persoalan organisasi lainnya. Namun ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk menjadi lebih baik lagi. 
Semua itu merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mewujudkan amanat UUD 1945 pasal 33 yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama yang berdasar asas kekeluargaan. Bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah koperasi.
“Perlombaan ini sebagai bentuk silaturahmi antar pengurus koperasi serta menambah wawasan pada masayarakat dan pelajar Payakumbuh tentang sejarah dan kemajuan Koperasi Indonesia,” jelas Dahler.
Ada 7 kegiatan yang diselenggarakan dinas Koperasi dan UMKM untuk memeriahkan Harkopnas ke 70 ini. Kegiatan tersebut yaitu Acara Tangkas terampil Koperasi tingkat SMA yang dimenangkan oleh MAN 2 Payakumbuh, Acara Tangkas Terampil Gerakan Koperasi yang dimenangkan oleh KPRI MAN 1 Payakumbuh. Selanjutnya, Penilaian Koperasi Berprestasi yang berhasil diraih oleh KPRI Kencana BKKBN. Keduanya dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017.
Kemudian, Lomba Lari 5K Putra dan Putri tingkat SMA dan SMP se Kota Payakumbuh pada tanggal 4 Agustus 2017. Dimenangkan oleh Rahmat Hidayat (SMPN 9 Payakumbuh) dan Aulia Rahmi (SMPN 2 Payakumbuh) untuk tingkat SMP sedangkan untuk tingkat SMA, dimenangkan oleh Val Yauma (MAN 2 Payakumbuh) dan Siska Putri M (SMAN 3 Payakumbuh).
Ada juga Seminar sehari tentang “Pandangan Islam terhadap Gerakan Koperasi” dengan narasumber Nurman Agus, Sekretaris MUI Prov Sumbar yang diikuti oleh 60 orang dari 70 Koperasi yang diundang. Selanjutnya Anjangsana pada tanggal 11 Agustus 2017 ke SLB Tuna Rungu Kel. Sawah Padang Aur Kuning Payakumbuh Selatan. 
“Pada acara puncaknya Jalan Santai dengan berbagai doorprize menarik bagi peserta. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.
Ratusan peserta Olahraga Jalan santai meriahkan rangkaian peringatan Hari Koperasi ke 70.  Dimulai dari pelataran parkir Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh menuju Jalan Soekarno-Hatta terus kedepan DPRD dan kembali Finis di Ngalau Indah.
Sebelumnya, Plh. Sekdako Payakumbuh Amriul, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 12 Juli. “Jalan Santai ini merupakan puncak peringatan Harkopnas untuk tingkat kota Payakumbuh. Setelah sebelumnya, Pemko melalui Dinas Koperasi dan UMKM telah melakukan berbagai lomba sejak tanggal 12 yang lalu,” kata Amriul.
Ditambahkan, puncak peringatan Harkopnas ke 70 ini sebelumnya dipusatkan di Makassar, Sulawesi Selatan. Adapun tema Harkopnas ini adalah “Koperasi menuju pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.
“Diharapkan, Koperasi yaang juga sebagai Soko guru Perekonomian mampu berperan dalam perekonomian Indonesia, baik dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi pengangguran,” kata Amriul lagi.
Kegiatan jalan santai ini, Minggu (13/8) kemaren, diselenggarakan Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Koperasi dan UKM serta melibatkan unsur masyarakat, pelajar, pengurus Koperasi, Forkopimda Payakumbuh. Selain itu ikut juga Plh. Sekdako Payakumbuh Amriul, Asisten III Iqbal, Kadis Koperasi dan UKM Dahler, serta sejumlah Pimpinan OPD dan ASN dilingkungan Pemko Payakumbuh. (ada)