Gub Sumbar Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2017

BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat membuka Rapat Persiapan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional bersama satuan komponen kebencaaan Sumatera Barat, di ruang rapat Gubernur, Kamis (14/4/2017).  Hadir dalam kesempatan itu Kepala BPBD Sumbar, Unsur TNI, SAR, Tagana, Dinas Sosial, Kogami, BMKG, serta beberapa pejabat OPD terkait lainnya.
Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan Sumatera Barat merupakan daerah bencana, semua bencana ada di Sumatera Barat, Gempa Bumi, Stunami, Longsor, Banjir Bandang, Angin Puting Beliung. 
Bahkan dari datanya yang ada kejadian danau Singkarak dan Maninjau merupakan kejadi dari gunung meletus yang akhirnya terbentuk danau. Sumatera Barat memang berada pada daerah kawasan rawan bencana. 
Oleh karena itu untuk meminimalisir kita perlu menyiapkan masyarakat dan sarana prasarana yang mendukung penyelematan massal, seperti shelter, jalan ketempat yang aman dan lain sebagainya. 
Peringatan HKBN ini merupakan momentun bagi kita untuk terus melakukan sosialisasi kesiapsiagaan kebencanaan bagi masyarakat, sehingga dengan demikian akan melatih kebiasaan masyarakat jika terjadi bencana. Dan juga sekaligus memberikan  perhatian kepada masyarakat untuk menjaga dan memperhatikan kelestasria hutan sekitar tempat mereka tingga, sehingga hal-hal yang dikawatirkan dapat diketahui dari sejak dini.  
Kita juga mengucapak terima kasih atas kerjasama dengan semua komponen penanggulanan bencana di Sumatera Barat, BMKG sebagai informasi setiap saat, TNI , Polri,SAR, LSM dan Tagana ,dan lain-lain yang telah berkontribusi aktif memberikan perhatian dan bantuan selama ini, ujarnya. 
Rapat ini juga akan membahas pelaksanaan peringatan HKBN tahun 2017 agar meriah dengan tiga paket agenda kesiapsiagaan bencana, pertama Bunyi Serine, Kedua Uji Shelter dan Evakuasi mandiri.