Empat Ponpes, Terima Bantuan Proyek Sanitasi dari PUPR

Pasaman Barat, Humas – Empat Pondok Pesantren (Ponpes) di Pasaman Barat, Selasa (14/12) menerima bantuan proyek sanitasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tahun 2021. Penerimaan batuan itu diawali dengan menandatanganan berita acara keempat pimpinan Ponpes yang dimaksud.

Penandatanganan berita acara keempat Ponpes, dilaksanakan dihadapan Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, didampingi Kasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis), Rali Tasman, Pengolah Data Seksi Pakis, Rahmiyanti, bersama Pranata Humas, Gusmizar di ruang rapat, Simpang Empat.

Keempat pesantren penerima bantuan itu adalah, Ponpes Darul Mursyidin Kapar, Kecamatan Luhak Nan Duo, Al-Mukhlisin Kajai, Kecamatan Talamau, Darussalam Pinagar, Kecamatan Pasaman, dan Ponpes Darul Hadits Air Rau, Kecamatan Kinali, jelas Rali Tasman, usai penandatanganan nota berita acara itu.

Pada tahun anggaran 2021, tambah Rali Tasman, ada delapan pesantren penerima bantuan, melalui proyek berbeda sebagai penerima bantuan. Selain empat Ponpes hari ini (Selasa-red), empat pesanren itu adalah Ponpes Baiturrafki As-Sa’adiyah Talu, Darul Ulum Tahfizul Quran Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Ponpes Al-Barkah Ranah Batahan, dan Ponpes Al-Kahfi Lembah Binuang, Kecamatan Pasaman.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, menyampaikan, mengingat jumlah pesantren bersama santri yang ada dan tersebar di setiap kecamatan cukup memadai. Rasanya perlu ada kesepahaman pimpinan pondok se Pasaman Barat, melakukan inovasi da terobosan baru, sehingga eksistensi pesantren di daerah ini, makin berkualitas.

“Menurut hemat saya, rasanya tidak ada halangan kalau ada wadah pondok pesantren di Pasaman Barat. Selain bisa mempererat silaturrahmi dan kebersamaan, wadah ini secara bersama bisa membuat kesepakatan melaksanakan studi tiru ke pesantren ternama, apakah di Sumatera Barat maupun di luar provinsi”, kata kepala kantor, menambahkan. (zar)