Wako Padang Sembelih Hewan Kurban di 5 Tempat

PADANG – Pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, Wali Kota Padang Hendri Septa rela berdarah-darah. Pasalnya, orang nomor satu di Kota Padang itu didapuk menyembelih hewan kurban di beberapa tempat.

Selama hari kedua Idul Adha, Rabu (21/7/2021), sang wali kota pun menunaikan tugasnya dengan memotong hewan kurban di lima tempat berbeda. Dimulai di Mushala Ikhlas Kantor Dinas Perdagangan, lalu di Masjid Agung Nurul Iman, setelahnya di
Masjid Kebenaran Anduring, lalu di Masjid Ukuwah Kantor Balai Kota Padang Aie Pacah hingga berakhir di Surau Raudhatul Firdaus Kantor Dinas Pertanian.

Wali Kota Hendri Septa menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang ia mengapresiasi terlaksananya penyembelihan hewan kurban di wilayah Kota Padang sejak kemarin dan hari ini.

“Alhamdulillah hari kedua Idul Adha ini banyak sapi kurban yang disembelih,” terangnya usai menyembelih hewan kurban di Kantor Dinas Perdagangan Kota Padang.

Wako pun turut mengapresiasi beberapa instansi atau OPD di lingkup Pemko Padang yang melakukan pemotongan hewan kurban di momen Idul Adha 1442 H tersebut.

“Semangat berkurban ini patut kita apresiasi. Kita tentu berharap, hal serupa juga dapat diikuti oleh setiap OPD di lingkup Pemko Padang pada Idul Adha selanjutnya. Karena ini memang suatu ibadah bagi kita,” ucapnya.

“Semoga daging kurban ini dapat membantu melengkapi kebutuhan seluruh warga/jamaah yang ada di Kota Padang. Khususnya warga yang minus menerima pelaksanaan kurban di wilayah tinggalnya.
Kita tentu berharap, tidak ada warga kita yang tidak mendapatkan daging kurban pada Hari Raya Idul Adha ini,” harapnya.

Seperti diketahui, jumlah hewan kurban yang disembelih di Kota Padang pada Idul Adha tahun ini jumlahnya lebih kurang sebanyak 7.898 ekor sapi dan 922 ekor kambing.

“Meskipun di masa Pandemi Covid-19 warga Kota Padang sangat antusias ikut berkurban dengan menyisihkan hartanya untuk menjadi peserta kurban baik di masjid, musala dan perkantoran”, ujar wali kota milenial tersebut.

Selanjutnya Kepala Kantor Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar menyebutkan pada hari Raya Idul Adha 1442 H, Dinas Perdagangan Kota Padang melakukan penyembelihan sapi kurban sebanyak 5 ekor. Daging sapi kurban tersebut juga dibagikan kepada masyarakat sekitar kantor.

“Disamping itu kita juga membagikan daging yang sudah dimasak ke rumah nelayan yang terdampak Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. Alhamdulillah penyembelihan hewan kurban kali ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Dinas Perdagangan Kota Padang,” ungkap Andree.

“Upaya ini sengaja saya lakukan guna mengajak para ASN di Dinas Perdagangan bisa beramal di Hari Raya Idul Adha. Alhamdulillah mereka mau menjadi peserta kurban melalui uang yang dicicil tiap bulannya. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang berimbas pada roda perekonomian warga, kita ikut hadir membantu warga kota dengan penyerahan daging hewan kurban yang sangat dibutuhkan untuk lauk makan beberapa hari,” pungkas Andree.