Dewan Kesenian Kota Pariaman Dkukuhkan, Jasri Umar Terpilih Sebagai Ketua

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Plt.Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengukuhkan Dewan Kesenian Kota Pariaman (DKKP) peroide 2020 – 2025 di Aula Balaikota Pariaman Kamis (29/10/2020).

Mardison Mahyuddin mengatakan, pelestarian seni dan budaya bukan suatu usaha bersifat elastis untuk membangkitkan feodalisme, tetapi merupakan upaya memelihara dan melindungi aset bangsa agar seluruh lapisan masyarakat mendukung pelaksanaan pembangunan bangsa dengan lebih berbudaya.

Sebab budaya merupakan aset penting terutama untuk pengetahuan dan memupuk jati diri bangsa. Berbagai upaya melalui gelar seni dan budaya misalnya terus menerus dilakukan dalam menjga atingkat keterawatannya agar kondisi kelestarian warisan sejarah masa lampau tetap terjamin.

Ketua Umum DKKP terpilih Jasri Umar mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman telah mendukung DKKP untuk kembali mengemban tugas dengan baik.

“Alhamdulillah DKKP untuk peroide 2020 – 2025 telah dikukuhkan. Ini menjadi tugas yang cukup berat untuk dilaksanakan. Namun dengan kebersamaan dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pariaman, kami DKKP yakin akan mengemban tugas dengan baik sehingga kesenian Kota Pariaman akan bisa dikenal lagi baik tingkat Nasional maupun Internasional, “ ungkapnya.

Diera globalisasi ini media sosial mempunyai bepanguruh besar, begitupun dalam kesenian. Kesenian tradisonal Kota Pariaman keberadaan semakin memudar sehingga generasi muda saat ini nyaris kurang mengenal kebudayaan asli daerah. Ini merupakan salah satu tugas DKKP untuk tetap bahu membahu mendata potensi kesenian daerah.

“Kesenian Kota Pariaman memiliki keunikan dan bila dikelola dengan baik akan dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga dapat lebih mengenalkan Kota Pariaman. DKKP akan tetap dan terus memunculkan karya-karya berkelas internasional “,tambahnya.

Gerakan-gerakan kesenian yang merupakan lintas budaya belum terjadi perubahan besar dalam rangka memberdayakan ekonomi dan masyarakat, oleh karena itu ke depan melalui kehadiran DKKP dapat bersinergi dengan unsur-unsur Pemerintah dan stakeholder terkait.

Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Dwi Marhen Yono mengatakan akan siap membantu DKKP untuk eksis kembali setelah beberapa tahun mati suri.

“Apapun itu bentuk kegiatannya, kami akan selalu membantu selagi kegiatan tersebut bersifat positif dan membangun Kota Pariaman lebih maju lagi. Mulai dari permintaan tempat kerja DKKP yang direncanakan akan di pusatkan di rumah tabuik, insya allah Pemerintah Kota Pariaman akan sambut baik, ‘ ungkpanya. (dewi lestari)