Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Al Muhajirin, Tuan Rumah Peringatan Hari Santri

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Plt Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin bacakan Amanat Meteri Agama RI, Fachrul Razi.pada  Peringatan Hari Santri di Kota Pariaman ditandai dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Al Muhajirin, Desa Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (22/10/2020).

“Hari Santri tidak terlepas dari Pengakuan Pemerintah Indonesia terhadap kiprah ulama dan santri dengan Resolusi Jihad yang dikumandangkan oleh Hadlaratus Syeikh KH. Hasyim Asy’ari, Rais Akbar Nahdlatul Ulama, pada 22 Oktober 1945,” Ujar Plt Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin.

Tanpa Resolusi Jihad NU dan pidato Hadlaratus Syeikh yang menggetarkan ini, tidak akan pernah ada peristiwa besra 10 November di Surabaya, yang kelak diperingati sebagai Hari Pahlawan, ucapnya lebih lanjut.

Dalam amanat Meteri Agama RI, Fachrul Razi, Selain penetapan Hari Santri, Santri Dan Pesantren Juga Telah Memiliki Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren. “Undang-undang Ini Memberikan Afirmasi, Rekognisi, Dan Fasilitasi Terhadap Pesantren Dalam Melaksanakan Fungsi Pendidikan, Fungsi Dakwah, Dan Fungsi Pemberdayaan Masyarakat,” jelas Mardison Mahyuddin membacakan amanat Menag.

Untuk Peringatan Hari Santri Tahun Ini Secara Khusus Mengusung Tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu Kesehatan Diangkat Berdasar Fakta Bahwa Dunia Internasional, Tak Terkecuali Indonesia, Saat Ini, Tengah Dilanda Pandemi Global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Tema Ini Adalah Jawaban Dari Komitmen Kita Bersama Dalam Mendorong Kemandirian Dan Kekhasan Pesantren. Saya Yakin, Jika Santri Dan Keluarga Besar Pesantren Sehat, Bisa Melewati Pandemi Covid-19 Ini Dengan Baik, Insyaallah, Negara Kita Juga Akan Sehat Dan Kuat,” tuturnya.

“Kita Semua Berikhtiar Agar Pandemi Segera Berlalu. Keluarga Besar Pesantren, Santri, Masyarakat Indonesia, Dan Warga Dunia Bisa Melewati Pandemi Ini Dengan Baik. Terimakasih Kepada Seluruh Santri Indonesia Atas Peran Dan Kontribusinya Kepada Umat, Bangsa, Dan Negara. Selamat Hari Santri,” tutup Fachrul Razi dalam amanatnya. (J)