Catatan Yal Aziz: Apakah Mungkin Gubernur Sumbar dari PKS Lagi?

ERBICARALAH dengan sejarah. Jika kita melihat sejarah pemilihan Gubernur Sumatera Barat, 9 Desember, 2015 lalu, Irwan Prayitno dengan Nasrul Abit yang diusung PKS dan Partai Gerindra berhasi jadi gubernur dan wakil gubernur mengalahkan Muslim Kasim dengan Fauzi Bahar, yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Bagi Irwan Prayitno, jabatan gubernur yang kedua kalinya bersama Nasrul Abit dan periode pertama atau sebelumnya, Irwan Prayitno jadi gubernur bersama Muslim Kasim. Berarti Irwan Prayitno kader PKS berhasil dua periode jadi gubernur. Padahal waktu itu pemenang pemilu Partai Golkar.

Lantas timbul pertanyaan, apakah mungkin, setelah kader PKS jadi gubernur, PKS lagi. ?Jawabannya, bisa iya dan bisa juga tidak. Kalau jawabannya iya, memang kader PKS the best alias hebat banget, di Sumatera Barat. Untuk pilgub, 2020 ini, kader PKS Mahyeldi berpasangan dengan Audi Joinaldi yang didukung PPP.

Jika lihat dari rekam jejak politik, kader PKS Mahyeldi memulai karier politiknya jadi anggota DPRD Sumbar, wakil walikota Padang mendamingi Fauzi Bahar dan kemudian menjadi Walikota Padang dua periode. Periode pertama bersama M Zalmi dan periode kedua ini dengan Hendri Septa kader PAN. Jadi walikota periode kedua lebih kurang satu tahun.

Sementara di Pilgub Sumbar periode, 2020 ini Mahyeldi-Audi akan bertarung bersama Nasrul Abit (wakil gubernur, red) yang berpasangan dengan Indra Catri Bupati Agam dua periode. Kemudian dengan Mulyadi anggota DPR RI yang berpasangan dengan Ali Muhkni yang sekrang jadi Bupati Padang Paraman dua perode.

Selanjutnya pasangan Iren Pol, Fahkrzail berpasangan dengan Genius Umar yang menjadi Walikota Kota Pariaman periode kedua.Pasagan ini didukung Partai Golkar, dan PKB. Sebelumnya pasangan Fahkrzai-Genius Umar maju melalui jalur indepeden, yang dinilai tak memnuhi persyaratan versi KPU Sumbar.

Dari keempat kandidat yang akan berebut jabatan Gubernur Sumbar ini, so pasti pilgub Sumbar bakal berlangsung seru dan mendebarkan. Soalnya kekuatan keempat kandidat sama-sama tangguh dan sama-sama putra terbaik Sumbar, yang punya nyali untuk maju.

Secara politis pasangan Nasrul Abit-Indra Catri dperkirakan bakal menang, karena Partai Gerindra pemenang pemilu Sumbar. Indra Catri sebagai wakil, sekarang telah menjai Ketua PAN Sumbar menggantikan Ali Mukhni.

Begitu juga dengan peluang Mayeldi-Audi yang didukung PKS dan PPP dan secara fakta politik sosok Mahyeldi dikenal merakyat dan bersahaja.

Bagi pendukung Mulyadi dan Ali Muhkni, tentu pasangan mereka ini jauh lebih baik dari kandidat lainnya. Bagi mereka rekam jejak Mulyadi sebagai anggoa DPR RI telah punya lbi secara nasional dan diperkirakan akan bisa membawa dana pusat ke Sumatera Barat.

Kemudian, pasangan Fahkrizal-Genius Umar, juga tak kalah hebatnya menurut pendukungnya. Yang jelas Fahkrizal mantan Kapolda Sumbar yang dikenal sebagai polisi ninik mamak.

Dari keempat kader Sumbar terbaik ini, siapakah yang layak dan pantas jadi Gubernur Sumbar? Jawabanya, tergantung ratak tangan dan restu Ilahi. Jika secara politis, jawabanya, ANTALAH he he he. (penulis wartawan tabloidbijak.com)