Guru & Siswa Dapat Kouta Internet Gratis Dari Telekomsel, Untuk Belajar Online

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)— Dimasa pandemi Covid-19, pelajar di Kota Pariaman melakukan aktivitas belajar dengan menggunakan sistem daring atau belajar online dengan menggunakan model interaktif berbasis internet.

Belajar dengan sistem daring tidak bisa dilakukan semua pelajar. Banyak sekali kendala serta prolematika dialami siswa dengan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sekarang ini. Kendala mereka hadapi salah satunya masalah kuota internet terkadang tidak terjangkau orang tua siswa mempunyai tingkat ekonomi lemah.

Kemendikbud RI melalui Telkomsel memberikan bantuan kuota internet gratis untuk guru, pelajar, dan mahasiswa, di Kota Pariaman Jumat (4/9/202), di Aula Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman.

Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Kanderi  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemendikbud RI dan Telkomsel, telah memberikan bantuan kuota internet gratis kepada Dinas khususnya untuk para anak didik di Kota Pariaman..

“Pemberian bantuan kuota internet gratis ini merupakan salah satu kebutuhan paling penting pada masa pandemi Covid-19 untuk semua siswa, apalagi siswa tidak mempunyai kuota internet untuk melakukan pelajaran online sehingga akan menghambat proses belajarnya”, ujar Kanderi

“Untuk masalah sosialisasi dan pendistribusian, kami serahkan kepada kepala sekolah masing-masing, karena hanya merekalah yang mengetahui siapa siswa bisa mendapatkan kartu telkomsel ini. Dengan adannya bantuan kuota internet gratis ini kami harap para siswa akan semakin meningkatkan belajarnya dan orang tua pun semakin memaksimalkan pengawasannya kepada anak-anak mereka dalam hal belajar online”, jelasnya.

Manager Telkomsel Sumatera Barat, Taufik Hidayat  menyatakan, bantuan ini merupakan program Pemerintah RI menjalin kerjasama dengan Telkomsel.

Hari ini kita berikan bantuan sebanyak 4.000 kartu perdana Telkomsel telah diisi paket internet sebesar 10 GB untuk bulan pertama, dan untuk bulan kedua kita akan berikan 11 GB lagi hingga bulan Desember 2020.

“Kartu ini kita serahkan kepada para kepala sekolah di Kota Pariaman ini agar kartu ini bisa segera sampai ke anak didik secepatnya, dan juga segera bisa di input kedalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik)”, terang Taufik Hidayat.

Dapodik merupakan aplikasi memuat sistem pendataan dalam skala nasional dan terpadu. Informasi dalam Dapodik merupakan sumber data dalam pendidikan nasional. Jadi segala kebijakan yang terkait dengan pendidikan salah satunya berdasarkan data dalam Dapodik.

Taufik Hidayat juga sampaikan, “setelah masuk ke data Dapodik kami akan memilah setiap operator seluler digunakan, dan setelah itu setiap nomor telah terdaftar akan diisi pulsa data internet, dan jika nantinya masih ada siswa belum mendapatkan subsidi kuota internet ini, jangan khawatir karena nantinya masih ada tahapan berikutnya”.

“Rencana, pemberian bantuan kartu perdana gratis dari Telkomsel ini akan dilaunching Senin depan, di Balaikota Pariaman, oleh Walikota Pariaman Genius Umar,” tukuk Rahmat Hidayat mengakhiri. . (Desi)