Wali Nagari Batu Kalang Jamarusti Serahkan SK Panitia Pemilihan Bamus

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Wali Nagari Batu Kalang Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, H. Jamarusti, serahkan SK Paniyia Pemiluhan Bamus Nagari, kepada Ketua terpilih, Drs. H. Amiruddin, MA Tuanku Majolelo, Rabu (2/9/2020).

Penyerahan SK tersebut, dihadiri seluruh anggota panitia di aula Kantor Nagari Batu Kalang. Jamarusti, dalam sambutannya mengatakan, Peraturan Bupati Padang Pariaman, nomor 23 Tahun 2020, tentang petunjuk teknis pengisian dan pemberhentian anggota Bamus Nagari perlu menetapkan Keputusan Wali nagari tentang pembentukan Panitia Pengisian Anggota Bamus Nagari.

Diharapkan kepada panitia terpilih, untuk dapat melaksanakan tugas dan amanah ini sebaik mungkin dengan mengacu kepada peraturan dan perundang-undangan serta Perbub Padang Pariaman nomor 23 Tahun 2020.

“Saya minta panitia dapat bekerja dengan baik sesuai jadwal yang ditetapkan, karena menurut peraturan 6 bulan sebelum masa habis. Tetapi, disebabkan wabah Corona Covid 19, sehingga terundur,” ujar Jamarusti.

Panitia mempunyai tugas menyusun jadwal penyelenggaran pemilihan. Kemudian menetapkan wilayah pemilihan. Selanjutnya, penetapan calon anggota Bamus yang dapat dipilih pada wilayah pemilihan. Setelah itu melakukan sosialisasi pada masyarakat.

Tugas lain menerima pendaftaran, bakal calon anggota Bamus dan melakukan penjaringan serta penyaringan Bakal Calon Anggota Bamus. Disampaikan, Jamarusti, pelaksanaan pemilihan harus secara demokratis, pada setiap wilayah pemilihan.

Ditambahkan, Panitia juga harus membuat jadwal untuk penyelesaian sangketa pemilihan. Pembuatan berita acara Penetapan hasil pemilihan dan terakhir penyampaian hasil pemilihan kepada wali nagari.

Ketua terpilih Amiruddin, mengatakan, berjanji akan melaksanakan tugas bersama anggota sebaik mungkin dengan mempedomani undang-undang dan Perbub Padang Pariaman Nomor 23 Tahun 2020.

Kita mentargetkan pekerjaan selesai dalam masa waktu 2 bulan. “Inshaa Allah, awal Oktober 2020, anggota Bamus Nagari Batu Kalang sudah bisa ditetapkan dan selanjutnya untuk diserahkan kepada wali nagari,” ucap Amiruddin. (aa)