Hendra Swl: Baznas Kota Sawahlunto Salurkan zakat Bagi 453 Mustahik Periode Agustus 2020

TABLOIDBIJAK.COM ( Sawahlunto) Zakat disalurkan untuk biaya pendidikan, modal usaha, bedah rumah, biaya hidup jompo, biaya berobat serta pemasangan instalasi listrik ke rumah warga miskin.

Kepala Baznas Kota Sawahluntuo, M. Syarif yang dihubungi usai menyerahkan zakat di Kantor Camat Silungkang dan Lembah Segar menyebutkan, dari sejumlah kategori yang ada, yang paling banyak zakat diberikan untuk biaya pendidikan dan modal usaha.

Bagi orang akan menerima zakat, katanya, sudah dicek dan dipastikan bahwa mereka memang orang yang berhak untuk menerima zakat.

“Ada prosedurnya, seperti kelengkapan bahan permohonan dan peninjauan lapangan, dan yang pasti adalah masuk dalam hasnaf yang delapan, ”ujar Syarif.

Jika sudah sesuai prosedur, Baznas tidak akan mepersulit pencairan dananya. “Karena ada prosedur yang harus dilalui, jadi mereka (mustahik) menunggu sekitar satu bulan lebih, kan kita jalankan dulu prosedurnya, makanya Zakat ini kita bagikan sekali dua bulan. Yang jelas, tiak pernah kita tahan-tahan atau persulit,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto, Deri Asta kembali mengingatkan, bagi mustahik agar dapat memanfaatkan zakat yang diterima dengan baik.

“Sesuaikan dengan niat saat mengajukan permohonan, terutama untuk penerima bantuan modal usaha, jangan sampai digunakan untuk keperluan konsumtif, ”ujarnya.

Baznas dan Pemerintah Kota (Pemko), kata Deri, hanya menjalankan amanah untuk menyalurkan zakat kepada yang berhak. “Jangan lupa, bahwa bapak-bapak dan ibuk-ibuk juga punya amanah untuk mempergunakan zakat yang diterima sesuai apa yang diajukan dalam permohonan dahulu,” ungkapnya.

Deri mengingatkan, agar jagan sampai tergoda dengan kebutuhan konsumtif ataupun memperturutkan gaya hidup. “Manfaatkanlah sebaik-baiknya, jangan sampai hanya habis dengan begitu saja, tanpa ada manfaatnya,” kata Deri.

Berikut rincian data penerima zakat di Kota Sawahlunto:
1. Kecamatan Talawi sebanyak 125 mustahik, zakat yang diserahkan Rp90.600,000
2. Kecamatan Lembah Segar diserahkan kepada 95 mustahik, sejumlah Rp44.700.000
3. Kecamatan Silungkang sebanyak 111 mustahik, zakat yang diserahkan Rp66.050.000
4. Kecamatan Barangin sebanyak 122 mustahik, zakat yanhg diserahkan Rp89.150.000.