BNPB Bakal Rekrutmen Personil Fasilitator Destana Tsunami Untuk 4 Kecamatan

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman) – Dalam rangka pelaksanaan Program Ekspedisi Desa/kelurahan Tangguh Bencana (DESTANA) – Tsunami tahun 2020, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB()melalui Direktorat Kesiapsiagaan akan melakukan Rekrutmen Personil Fasilitator Daerah dan Fasilitator Desa/kelurahan. Dalam upaya penguatan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, khusunya bencana tsunami.

Berdasarkan surat BNPB no. B.97 dan B.98 tentang Rekrutmen fasilitator DESTANA tanggal 30 Juli 2020, menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan terutama untuk daerah yang berada di pesisir Barat pulau Sumatera. Yakni provinsi Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat yang meliputi 12 kabupaten/kota dan 120 desa/kelurahan/nagari.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah kabupaten Padang Pariaman menyambut baik program ini. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah dilaksanakan Sosialisasi dan penyebarluasan informasi terkait Rekrutmen Fasilitator DESTANA di kecamatan Batang Gasan, Sungai Limau, Nan Sabaris dan Ulakan Tapakis yang membawahi 10 nagari yang ditunjuk sebagai lokasi kegiatan oleh BNPB untuk wilayah kabupaten Padang Pariaman.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan Jumat (7/8/2020) itu bertempat di aula kantor Camat Ulakan Tapakis dihadiri oleh Camat Ulakan Tapakis Drs. Ali Amri, MM, Kapolsek Nan Sabaris AKP. Yusrizal Efendi,SE., Danramil 07 Pauh Kambar dan para wali nagari se Kecamatan Ulakan Tapakis.

Dalam kesempatan itu, Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya, ST.M.Eng. melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Wirman, SE. MPA. menyampaikan bahwa jumlah Personil Fasilitator yang dibutuhkan untuk kabupaten Padang Pariaman adalah sebanyak 30 orang yang terdiri dari 10 orang Fasilitator Daerah dan 20 orang Fasilitator Nagari (10 pria dan 10 wanita).

“Program rekrutmen fasilitator program DESTANA ini, merupakan peluang dan kesempatan emas bagi anak nagari yang tangguh dan memiliki semangat juang untuk mengabdikan diri di daerahnya, apabila mereka memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditetapkan oleh BNPB”. Kemudian sebagai penunjang penilaian, calon peserta juga dapat melampirkan pengalaman dalam organisasi. Ujar Wirman mengakhiri.

Dalam Sosialisasi Pj. Wali Nagari Ulakan Irmanto,SE. mengatakan, bahwa selama ini nagari kita sudah memiliki kelompok siaga bencana yang dikenal dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana). “Sebaiknya tenaga fasilitator ini diambil dari anggota Taruna Siaga Bencana, karena mereka sudah terlatih dalam penanganan bencana”. Ujar Irmanto

Permohonan sebagai calon peserta fasilitator Daerah dan Fasilitator Desa/Kelurahan Tangguh Bencana ini, dikirim secara online dalam bentuk so ftfile PDF ke BNPB melalui email ditks.destana@gmail.com sebelum tanggal 14 Agustus 2020.(AS)