Walikota Genius Umar Punya Inovasi Baru Bentuk Pendamping Desa Berdikari

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)— Walikota Pariaman Genius Umar, mempunya inovasi baru dengan membentuk Pendamping Desa Berdikari (PDB). Pendamping Desa Berdikari ini sebagai mitra Pemerintahan Desa.

“Selama ini pendamping desa ditunjuk Kementerian PDTT untuk Kota Pariaman, tidak mencukupi guna membantu kerja pemerintahan desa, dalam hal peningkatan pembangunan desa serta mengembangkan potensi yang ada di desa tersebut”, Genius Umar ketika membuka secara resmi acara Pembekalan Pendamping Desa Berdikari Kota Pariaman, Kamis (9/7/2020) di Aula Balaikota Pariaman.

Dijelaskan, dengan melihat situasi tersebut, timbullah ide untuk membentuk PDB ini yang nantinya akan ditempatkan di masing-masing desa yang ada di Kota Pariaman. Dengan terbentuknya PDB ini maka mereka akan menjadi mitra pemerintahan desa dalam mengelola pemerintahan, melakukan pembinaan kepada masyarakat dan lembaga desa, serta membantu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Geniuus Umar  menjelaskan program PDB ini sudah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Desa, dan secara langsung beliau juga sudah meminta Menteri Kemendes untuk datang langsung ke Kota Pariaman guna mengukuhkan 43 orang PDB yang sudah lolos seleksi ini. Permintaaan beliau langsung disetujui oleh Menteri Kemendes jika waktu dan kondisi sudah memungkinkan.

“Dengan adanya pendamping desa berdikari diharapkan potensi-potensi yang ada di desa bisa lebih digali lagi untuk mempercepat peningkatan kinerja pemerintahan desa dalam hal membangun desa, sehingga bisa menjadi desa mandiri kedepannya”, ungkap Genius lebih lanjut.

Walikota berpesan kepada 43 orang PDB yang telah terpilih, untuk bisa mengikuti pembekalan ilmu yang diberikan oleh masing-masing narasumber, sehingga ilmu yang diberikan tersebut bisa diterapkan di masing-masing desa yang menjadi dampingan mereka.

“Jalinlah kerjasama yang baik dengan pemerintahan desa, lembaga desa, dan masyarakat desa, sehingga penggalian potensi desa akan menjadi lebih mudah, dan peningkatan pembangunan akan berjalan dengan cepat karena bantuan dari masing-masing pihak tersebut”, pesan walikota pariaman saat menutup sambutannya.

Acara ditutup dengan penyerahan SK secara simbolis kepada Pendamping Desa Berdikari yang diberikan langsung oleh Walikota Pariaman Genius Umar. (Desi)