Pemkab Solok Terapkan During dan Luring Selama Masa Pandemi COVID-19

TABLOIDBIJAK.COM (Arosuka)—–Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM menjelaskan, sistem pembelajaran selama masa Covid-19 dilaksanakan secara During dan Luring atau tidak bertatap muka.

Demikian penjelasan Kabag Humas Pemkab Solok Syofiar Syam, S.Sos.M.Si melalui relacenya via Whatsapp.

Menurut Syofar, Pemerintah Kabupaten Solok menerbitkan Surat Edaran Bupati Solok Nomor : 420/907/Disdikpora-2020, tentang penyelenggaraan pembelajaran pada tahun 2020/2021 dimasa pandemic Corana Virus Desease 2019 (Covid-19).

Surat edaran tersebut diterbitkan berdasarkan keputusan bersama menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 01/kb/2020,menteri agama nomor 516 tahun 2020, menteri kesehatan nomor hk.03.01/menkes/363/2020, dan menteri dalam negeri nomor 440-882 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 dimasa pandemic Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Dan berdasarkan hasil rapat melalui video conference (Vidcon) evaluasi pelaksanaan tatanan normal baru prduktif dan aman Covid-19 Propinsi Sumatera Barat gubernur dan bupati/walikota se Sumatera Barat.

Surat edaran (SE) Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM yang berisikan tentang penerapan sistem pembelajaran tersebut, di terbitkan hari Senin tanggal 06 Juli 2020.

Dalam SE-nya bupati menjelaskan bahwa, tahun pembelajaran 2020/2021 di Kabupaten Solok dimulai pada tanggal 13 Juli 2020.

Lebih jauh dijelaskan bupati bahwa hal ini berlaku untuk seluruh sekolah di Kabupaten Solok, mulai dari SMA, SMK, SMK LB, SMP, Madrasah (MTS), SD, SD LB, Aliyah.

Terkait pendidikan anak usia dini (PAUD), TK/ RA mulai belajar pada bulan januari tahun 2021.

Dalam SE tersebut bupati menyampaikan kepada kepala sekolah untuk menetapkan SOP pembelajaran jarak jauh/Luring di satuan pendidikan sesuai SOP Covid-19.

Selanjutnya kepada guru-guru dalam SE tersebut bupati meminta agar guru mata pelajaran menyiapkan modul, LKPD, tugas siswa, menyerahkan tugas untuk siswa kepada wali kelas dan melakukan penilaian.

Kepada wali kelas khususnya bupati menekankan, agar wali kelas mendistribusikan tugas kepada siswa mengumpulkan kembali hasil pekerjaan siswa, menyerahkan hasil pekerjaan siswa kepada guru mata pelajaran, serta me-rekap nilai siswa dan melaporkan kepada orang tua siswa.

Dalam SE bupati Solok juga menegaskan, agar pengawas sekolah melakukan pengawasan terhadap mekanksme pembelajaran jarak jauh Luring yang dilakukan.

Terkait guru BK, agar melakukan bimbingan dan pendamping untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.

Kepada orang tua bupati menyampaikan, agar berkoordinasi dengan wali kelas dan mendampingi siswa melakukan kegiatan pembelajaran di rumah.

Terakhir kepada siswa bupati meminta, agar menjemput, mempelajari, mengerjakan dan mengumpukan tugas yang diberikan oleh guru , baik itu secara individu maupun kelompok. (slk01)