Nagari Seulayat Ulakan Dapat Dampingan Diskominfo Provinsi, Suhaili : Kami Duluan Dampinginya

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Dinas Komunikasi dan Informatikanformatika Provinsi Sumatera Barat kunjungi Nagari Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, dalam rangka pendampingan nagari statistik percontohan.

Tim dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat diwakili Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informasi, Oni Fajar Syahdi, M.MA. bersama tim IT supportnya dan dari Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman diwakili Kabid. Statistik Drs. Suhaili,MH. dan Kasi Persandian Fajri Azman, S.STP.MM.

Kegiatan pendampingan dilaksanakan Selasa (7/7/2020) di kantor Wali Nagari Seulayat Ulakan itu, diikuti seluruh perangkat nagari dan wali korong serta tokoh masyarakat setempat.

Wali Nagari Seulayat Ulakan M. Idris mengatakan, “Kami sangat berterima kasih, karena Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat yang telah menunjuk Nagari Seulayat Ulakan sebagai nagari statistik percontohan”.

“Semoga dengan dijadikannya sebagai nagari statistik ini, semua data yang ada dan sesuai dengan kebutuhan akan dapat diakses oleh masyarakat kapan saja dan dimanapun mereka berada”. Ujar wali nagari.

Kabid Statistik dan Persandian Drs. Suhaili mengatakan, kami dari Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman akan selalu melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap nagari Seulayat Ulakan,

khususnya dalam pengelompokan data dan data sektoral nagari. Dengan adanya pembinaan tersebut, semoga akan menjadi rujukan percontohan oleh semua nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman ini dalam hal pembentukan nagari statistik.

Menurut Oni Fajar, dalam membentuk nagari statistik tersebut dalam tahap awal dilakukan survey terhadap kesiapan nagari Seulayat Ulakan untuk menjadi nagari statistik. Dalam survey tersebut dilakukan pendataan dan pemetaan, sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di nagari.

Tujuan pendampingan ini, dalam rangka meninjau kesiapan nagari seulayat Ulakan sebagai nagari statistik percontohan. Dalam nagari statistik tersebut akan terdapat data nagari yang rinci, update dan akurat. Data ini nantinya, akan dapat diakses oleh semua masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi

Setelah terbentuknya nagari statistik, maka harus dibentuk kelompok kerja Petugas Pelaksana Lapangan Pokja PPL nagari statistik. Anggota kelompok kerja tersebut  yang terdiri dari unsur dari pegawai nagari, unsur petani, peternak yang nantinya akan menjadi tim dalam melakukan update data statistik sektoral di nagari. (AS)