Walikota Deri Asta Lantik Ambun Kadri Menjadi Sekdako Sawahlunto

TABLOIDBIJAK.COM ( Sawahlunto) Walikota Sawahlunto Deri Asta melantik dan mengambil sumpah jabatan dr. Ambun Kadri M.KM sebagai Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sawahlunto di Aula PT BA UPO, Kamis (11/6)

Walikota Deri Asta dalam sambutanya menyampaikan bahwa salah satu tugas besar sangat perlu peran Ambun Kadri sebagai Pejabat Sekdako adalah memperkuat komunikasi dan koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Deri Asta menambahkan, dalam menjalankan roda pemerintahan yang padu dan selaras diperlukan saling sinergi dan kesatuan visi oleh seluruh OPD akan menjadi kunci keberhasilan jalannya roda pemerintahan.

“Masih dalam situasi pandemi Covid – 19 ini maupun nanti pasca pandemi, koordinasi antar OPD termasuk juga dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta instansi terkait lainnya sangatlah menentukan jalan tidaknya suatu kebijakan atau teknis pekerjaan.

Maka itu, kita sangat mengharapkan dr. Ambun Kadri dapat memberikan kemampuan terbaiknya, juga dengan segala pengalaman beliau di birokrasi selama ini,” ujar Walikota Deri Asta.

dr. Ambun Kadri adalah Anak Nagari dari Kanagarian Silungkang. Ia sebelumnya mengikuti proses lelang jabatan pansel Sekdako Sawahlunto bersama delapan peserta lainnya. Walikota Deri Asta akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Ambun Kadri dari tiga nama yang direkomendasikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)

Dijumpai di Balaikota usai pelantikan, Ambun Kadri mengaku pernah enam tahun bertugas di Sawahlunto. Alumni SMA 1 Sawahlunto Angkatan 84 itu pernah menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto dimasa Walikota Amran Nur dan Walikota Ali Yusuf.

” Senang bisa kembali ke Sawahlunto. Saya mohon support dan dukungan semuanya. Hari ini saya mau pindah rumah dulu, Insya Allah, Senin besok, sudah efektif bekerja,” ujar Ambun Kadri

Ambun Kadri sebelumnya pernah ditugaskan menjadi Direktur RSUD Solok. Ia kemudian diminta Walikota Zul Efian untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok

Ambun Kadri dikarunia tiga orang anak dari pernikahannya dengan dr Yulson seorang dokter spesialis syaraf di Kota Padang. Ambun Kadri diketahui punya jaringan dan komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat sehingga diharapkan akan berdampak positif pula terhadap kemajuan pembangunan di Kota Sawahlunto.

Ambun mengatakan suaminya juga akan pindah bertugas di Sawahlunto. Kehadiran dr Yulson SPS tentunya akan berdampak baik terhadap pelayanan dokter spesialis syaraf di RSUD Sawahlunto.

Ambun Kadri Lahir di Silungkang, 24 Juli 1964. Ia seorang birokrat senior berpengalaman dan baru pertama kalinya seorang perempuan menjabat Sekdako di kabupaten/Kota di Sumatera Barat . Karirnya Ambun makin bersinar. Ia sempat dikabarkan ditarik Gubernur Irwan Prayitno sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.