Gugus Tugas Gelar Jumpa Pers Kondisi Terkini Penanggulangan Covid 19 di Kota Sawahlunto

TABLOIDBIJAK.COM ( Sawahlunto) Gugus Tugas Percepatan dan Penanggulangan wabah Covid 19 Kota Sawahlunto menggelar konferensi Pers terkait pelaksanaan full tes Swab, lebih kurang 1.300 hingga 1.600 sampel yang diambil beberapa waktu lalu dan telah diumumkan 2 orang warga positif Covid-19.

Walikota Sawahlunto Deri Asta SH yang juga Ketua Gugus Tugas mengatakan kedua pasien tersebut ES (63) dan DC (33) dari Kecamatan Talawi telah dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan empat kali tes Swab yaitu hari pertama, ketujuh, kedelapan dan ke-14.

“Khusus untuk pasien ES (63), setelah hasil tes Swab hari ketujuh, kedelapan, dan ke-14 dinyatakan negatif Covid-19 dan beliau sudah dirumah serta sudah diperbolehkan beraktivitas sehari-hari”, ungkap Wako di Balaikota, Jumat (5/6/2020).

Sedangkan untuk DC (33), sampai hari ini hasilnya tetap positif Covid-19. Dari berbagai pertimbangan, disepakati karena tidak ada perkembangan yang cukup signifikan maka DC dirujuk ke Rumah Sakit Semen Padang untuk perawatan lebih lanjut.

“Jadi kalau bicara virus Covid-19 saat ini di Kota Sawahlunto cuma satu yang positif,” tandasnya.

Sekretaris Gugus Tugas Adriyusman menambahkan selama karantina mandiri DC tidak menularkan Covid kepada keluarganya baik suami dan anak anak-nya hal itu dibuktikan dengan hasil swab beberapa waktu yang lalu.

” Selama karantina mandiri DC sangat disiplin sehingga tidak menyebarkan Covid kepada suami dan anak anak-nya. Ini kejadian jarang terjadi. Biasanya jika istri positif maka suaminya kemungkinan besar juga akan positif. Begitu sebaliknya,” ujar Adriyusman