Kades KP Baru Rasyid, Sediakan Petugas Jemput Sampah Rumah Tangga Warga

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)— Kepala Desa Kampung Baru Pariaman Tengah, Rasyid, SE, MM mengatakan, terhitung tanggal 1 Mei 2020 Pemerintah Desa Kampung Baru telah memberlakukan pengambilan sampah-sampah ke rumah warga, melalui barakai atau petugas kebersihan desa.

Hal itu disampaikan Rasyid, dalam menjawab pertanyaan Media Center Kominfo Pariaman, Rabu (6/5/2020) di ruang kerjanya.

Diakatan, Desa Kampung Baru terdiri dari tiga dusun, Dusun Utara, Tengah, dan Selatan.  Sampah rumah tangga di tiga dusun tersebut di jemput dua orang barakai dengan mempergunakan becak motor telah disediakan desa.

Rasyid menyebutkan saat ini beliau hanya baru bisa menyediakan dua becak motor untuk menjemput sampah itu, dan kedua becak motor itu dibeli dari dana desa.

“Untuk satu bulan ini sampah rumah tangga di Desa Kampung Baru, kita gratiskan untuk pembayarannya sembari kita membagi-bagikan surat edaran tentang pengambilan dan pembuangan sampah kepada masyarakat, dengan adanya edaran ini tidak ada lagi masyarakat desa Kampung Baru membuang sampah mereka sembarangan”, ujarnya.

Proses penjemputan sampah dimulai petugas setiap harinya dari jam 6 pagi sampai dengan selesai, jadi warga meletakan sampah mereka di depan rumah mereka masing-masing dan petugas akan mengambil sampah tersebut dan dibuang ketempat pengolahan sampah ada di desa jati di lokasi pasar produksi Terminal Jati.

Menurut Rasyid, sebenarnya sampah akan kita olah sendiri di desa dengan memilah sampah basah dan kering, akan tetapi karena adanya wabah Covid 19 rencana tersebut belum bisa kita lakukan.  Untuk tindak lanjut kedepannya kepada masyarakat akan dipungut retribusi sampah untuk masing-masing  rumah tangga sekitar 10 ribu rupiah dan untuk kedai atau toko dipungut 15 ribu rupiah perbulan.

“Dengan adanya pengambilan sampah oleh barakai, Rasyid berharap kepada masyarakat desa Kampung Baru untuk lebih peduli lagi akan kebersihan di lingkungan mereka masing-masing, dan mereka juga akan sadar akan hak dan kewajiban yang harus mereka lakukan setiap bulannya. (Desi)