Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Puji Genius Umar Dalam Menyalurkan Bantuan Covid 19

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)— Walikota Pariaman Genius Umar video conference (vidcon) dengan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama  seluruh Bupati dan Walikota se Sumbar, Jum’at (1/5/2020). di Balairung  Pendopo Walikota Pariaman

Genius Umar mengundang Ketua DPRD Kota Pariaman, Forkopimda, dan OPD-OPD yang termasuk kedalam tim anggota gugus tugas penanganan covid 19.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengevaluasi kinerja dari daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat tentang apasaja telah direncanakan, dilakukan, dan informasi apa saja yang perlu jadi perhatian untuk disikapi kedepannya tentang covid 19 ,

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT)  untuk masyarakat.
Dalam vidcon dengan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno, Walikota Pariaman Genius Umar menyebut dan melaporkan, PSBB untuk Kota Pariaman terus beliau lanjutkan, apalagi dalam situasi akan menghadapi lebaran idul fitri, akan membuat banyak orang Pariaman akan pergi ke Bukittinggi dan Aur Kuning untuk berberlanja.

“Dengan melanjutkan PSBB di Kota Pariaman kita akan bisa memutus mata rantai penyebaran virus tersebut dengan cepat, dengan menghambat orang luar masuk kota pariaman, dan melarang orang pariaman keluar dari kota pariaman hingga situasi benar-benar aman untuk menyelesaikan PSBB tersebut”, ucap Genius Umar.

Menurut Genius Umar, untuk PSBB masih banyak warga Pariaman tidak mengindahkan peraturan ini, baik di pasar ataupun di mesjid dan mushalla. Tapi walaupun begitu kami akan terus berusaha memberikan pengertian kepada mereka social distancing dan pysichal distancing itu memang harus benar- benar dilaksanakan untuk keselamatan mereka sendiri dan juga orang banyak,

“hal ini diberlakukan hanya untuk sementara saja sehingga dirasa benar-benar aman untuk mengakhirinya,” ujarnya

Kemudian untuk BLT, Kota Pariaman sudah melakukan pendataan secara menyeluruh dengan mengeluarkan data PNS dan orang-orang yang benar-benar dianggap kaya seperti memiliki kendaraan roda dua dan juga mobil atau yang lainnya tidak terdampak dengan musibah ini.

Setelah semua data tersebut diverifikasi dapatlah data untuk Kota Pariaman adalah sebanyak 25.489 kk, penerima PKH sebanyak 2.220 kk, penerima BPNT dari Kemensos sebanyak 1.004 kk, dan untuk BLT dari Kemensos kita juga sudah mendapatkan 4800 kk yang penyaluran bantuannya melalui PT Pos, BNI dan BRI.

Sedangkan BLT dari Provinsi kita mengusulkan sebanyak 2.142 kk, kemudian untuk BLT dari Kota Pariaman sebanyak 5.299 kk dan ini sudah kita sampaikan penyalurannya melalui bank BRI, BLT dari Desa sebanyak 4600 KK juga sudah mulai disalurkan,  jadi secara total lebih dari 80% penduduk kota pariaman dapat menerima BLT ini, dan semoga bisa mencukupi sebagian dari kebutuhan mereka, jelas Genius Umar mengakhiri laporannya kepada Gubernur Sumbar.

Mendengar laporan tersebut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan apresiasi kepada Walikota Pariaman dan jajaran atas usaha mereka membantu masyarakat yang terdampak covid 19 ini, apalagi kota pariaman merupakan kota yang baru pertama telah menyalurkan dana Kemendes dari Kabupaten dan Kota lainnya.

“ Semoga daerah kabupaten dan kota lainnya bisa segera menyusul seperti apa yang telah dilakukan oleh kota pariaman,  sehingga masyarakat bisa memanfaatkan bantuan tersebut secepat mungkin”, tutup Irwan Prayitno. (Desi)