Pemkab Padang Pariaman Laksanakan Musrenbang Secara Online

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)– Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2021 secara online. Senin, Selasa, (13, 14/4/ 2020).

Iven ini dapat diikuti pihak terkait secara aktif melalui link aplikasi http://bapelitbangda.padangpariamankab.go.id/musrenbang. Peserta dan masyarakat dapat memberikan masukan setelah mengisi buku tamu.

Bupati Ali Mukhni dalam sambutan dapat disimak video dan naskahnya melalui link aplikasi mengemukakan, musrenbang ini merupakan tahapan penting dalam proses perencanaan

pembangunan.

Ssebagaimana yang diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang SistemPerencanaan Pembangunan Nasional dan secara teknis dijelaskan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

Sesuai ketentuan, lanjut dia, RKPD tahun 2021 yang telah ditetapkan, nantinya akan menjadi acuan dalam penyusunan Kenijakan Umum Anggaran / Platform Penyusunan Anggaran Sementara  (KUA / PPAS) dan menjadi dasar dalam penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

“Pada kesempatan ini ada beberapa hal yang perlu saya tekankan dan harus menjadi perhatian dalam perencanaan pembangunan tahun 2021, yaitu tema pembangunan Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 adalah: Pembangunan SDM Unggul, Pemerataan Infrastruktur Berbasiskan Peningkatan dan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas,” ujarnya.

Selanjutnya, ulas bupati, dituangkan dalam 9 prioritas pembangunan daerah yang nantinya akan diterjemahkan dalam program kegiatan masing-masing perangkat daerah. Ke-9 program prioritas pembangunan tersebut adalah : Peningkatan kualitas kehidupan beragama dan

berbudaya;.

Selanjutnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat; Berikuntnya, Pengembangan infrastruktur berwawasan lingkungan

dan tata ruang; Peningkatan produksi pertanian, peternakan dan

perikanan;

Peningkatan potensi pariwisata unggulan; Peningkatan kontribusi sektor industri dan perdagangan  terhadap perekonomian daerah;  Penurunan tingkat kemiskinan dan pengagguran;  Peningkatan kinerja dan pelayanan daerah; Pengurangan risiko dan kesiapsiagaan bencana. (rel)