PSC Sungai Durian Dijadikan Posko Krisis Centre Corona Sawahlunto

TABLOIDBIJAK.COM ( Sawahlunto) Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama jajaran Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meninjau langsung kondisi Posko Crisis Center Corona Sawahlunto, di Public Service Center (PSC) Sungai Durian, Kamis (19/3)

” Pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan sampai langkah – langkah teknis untuk mencegah virus Corona menjangkiti masyarakat. Maka, kita mengajak masyarakat turut membantu dengan turut berperan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh serta lingkungan sekitar, ” ujar Deri Asta

Deri Asta mengatakan, masyarakat tidak boleh terlalu takut sehingga sampai resah dan panik berlebihan, namun kita juga tidak boleh menganggap sepele sehingga meremehkan tanpa ada perhatian.

” Inilah sikap yang perlu kita lakukan dalam menghadapi mewabahnya virus Corona (COVID – 19) saat ini. Ketenangan, ya bertindak dengan kejernihan pikiran dan perasaan, itulah hendaknya cara kita melangkah sekarang,” kata Deri Asta

Deri mengatakan di Posko tersebut disediakan sebagai lokasi untuk pusat koordinasi penanganan Corona. Di sini disiagakan 2 unit mobil ambulance untuk menjemput apabila ada pasien yang terindikasi Corona dari rumah ataupun Puskesmas. Ambulance ini juga yang akan mengantarkan jika pasien tersebut akan dirawat di rumah sakit.

“Posko ini juga kita lengkapi dengan perlengkapan dan sarana kesehatan terkait, termasuk Alat Pelindung Diri (APD) bagi personel tenaga kesehatan.

Selain memfasilitasi posko, kita juga punya langkah pencegahan lainnya. Antara lain ; membantu menyediakan Hand Sanitizer dan disenfektan (cairan pembersih bakteri/virus) untuk instansi/kantor, fasilitas publik dan sekolah – sekolah.

Kemudian, untuk memantau suhu tubuh para pengunjung/wisatawan dari luar Sawahlunto, kita juga menambah persediaan thermo scanner untuk disiagakan pada destinasi – destinasi wisata kita,” jelas Deri

Deri mengajak seluruh elemen masyarajat Besok,Jumat (20/3) melaksanakan gotong royong bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membersihkan kantor/instansi dan fasilitas umum.

” Nah, langkah – langkah pencegahan dari pemerintah ini akan semakin sempurna dengan dukungan masyarakat. Sebab itu saya mengajak saudara – saudara semua untuk ikut menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan terdekat.

Kita juga dianjurkan untuk menjaga jarak dan kontak fisik, terutama dengan saudara – saudara kita yang sedang demam/sakit,” kata Deri Asta

Intinya, kita harus menjaga metabolisme (daya tahan tubuh). Inilah tameng kita dalam menghadapi ancaman COVID – 19

Selain ikhtiar, tentu kita juga harus berdoa pada Allah. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan, yang akan melindungi kita adalah kuasa Allah SWT.

Semoga virus Corona ini segera berhenti menyebar, semuanya segera pulih kembali. Semoga Kota Sawahlunto kita tercinta ini terlindungi dari ancaman virus dan hal – hal buruk lainnya.