Kadis Kesehatan Kota Pariaman Syahrul Ingin Ginjal Selamat Perbanyak Minum Air Putih

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Setiap tahun di bulan maret minggu kedua, yang saat ini jatuh pada hari  kamis, 12 Maret 2020, masyarakat di dunia  memperingati hari ginjal sedunia.  Peringatan hari ginjal sedunia ini untuk mengingatkan manusia akan pentingnya arti dari menjaga kesehatan, apalagi menjaga ginjal kita agar terhindar dari penyakit yang tidak kita inginkan.

Ginjal adalah organ penting yang harus dijaga kesehatannya, karena organ ini dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya.  Fungsi utama dari ginjal itu sendiri adalah untuk menyaring zat-zat buangan dalam tubuh, baik yg berasal dari makanan, obat-obatan,maupun zat beracun. Jadi salah satu penyebab terjadinya penyakit ginjal adalah menderita dehidrasi karena kekurangan air putih.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul menyampaikan pada wawancaranya di Aula Balaikota Pariaman Minggu (8/3/2020), ” bahwa penyakit ginjal ini juga ditimbulkan oleh karena penyakit hipertensi dan diabetes. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah mencegah penyakit ginjal ini dengan mengendalikan faktor risiko timbulnya penyakit ginjal tersebut”.

Ada beberapa gejala penyakit ginjal yang biasa timbul, pada penderita penyakit ginjal itu sendiri seperti, sulit tidur, mudah cemas, sulit berkonsentrasi, kulit kering dan gatal, terjadi perubahan pada frekwensi buang air kecil dan merasa nyeri pada saat buang air kecil, kencing berbusa, nafsu makan berkurang, dan banyak lagi gejala lainnya.

Jadi upaya yang mudah dan bisa  dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal ini adalah dengan meminum air putih minimal dua liter per hari, jangan mengkonsumsi  obat-obat yang tidak dianjurkan dan tidak merokok juga sebaiknya dilakukan guna menghindari terjadinya  ginjal kronis, pantau dan jaga terus berat badan normal dan selalu lakukan aktivitas fisik yang seimbang setiap harinya.

Untuk itulah dalam rangka mendukung kesehatan terutama penyakit tidak menular salah satunya Penyakit Ginjal,  Dinas Kesehatan Kota Pariaman sudah melakukan program Inovatif melalui Puskesmas Padusunan,  dengan nama Jumparikes (Jumat Pagi Periksa Kesehatan), melalui Posbindu Mesjid, diharapkan dengan kegiatan ini penyakit penyakit yang yang terkadang tidak disadari oleh masyarakat dapat di deteksi lebih cepat.

Melalui peringatan hari ginjal ini marilah sama-sama kita jaga dan sayangi ginjal kita dengan cara menyuarakan upaya pencegahan, dengan motto mencegah lebih baik dari pada mengobati. (Desi)