Suku Jambak Lubuk Lintah Sepakat akan Bangun Kembali Rumah Gadang

TABLOIDIJAK.COM (PADANG)—– Ninik mamak dan kamanakan Suku Jambak Kandang Batu Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang, sepakat akan membangun kembali sebuah “Rumah Gadang” demi menjaga kelestarian adat dan budaya Minang di daerah tersebut.

Pasalnya, dulu di Kampung Jambak Lubuk Lintah itu sesuai ranji adat, telah berdiri tiga buah Rumah Gadang sebagai bentuk perwakilan dari tiga “Inyiak”. Seiring perkembangan waktu, ketiga Rumah Gadang itu kini sudah tidak ada lagi yang telah berubah fungsi menjadi rumah pribadi.

“Nah, agar adat dan budaya Minang di kampung kita ini tetap terpelihara maka Rumah Gadang yang menjadi salah satu simbol adat harus kita bangun kembali,” kata Edijon Dt. Rajo Perak, Penghulu Suku Jambak Lubuk Lintah saat memimpin rapat kaum di salah satu rumah ninik mamak rang Jambak Minggu (8/3/2020).

Menurut Datuk Rajo Perak, seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi saat ini, nilai-nilai adat dan budaya Minang harus tetap dipelihara dan diwariskan kepada generasi yang akan datang.

“Kalau tidak, nilai-nilai budaya Minang itu bisa punah. Untuk itu, perlu kita wariskan kepada anak cucu kita agar tetap ada sampai akhir masa,” tutur Datuk Rajo Perak menjelaskan.

Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah ninik mamak dan kamanakan Suku Jambak Lubuk Lintah tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan sementara.

Pertama, membangun kembali sebuah Rumah Gadang Suku Jambak Lubuk Lintah dari Tapian Jambak Nan Baduo dalam Kenagarian Pauh IX.

Kedua, akan menambah lokasi pandam pakuburan Suku Jambak Lubuk Lintah sehubungan di lokasi Pandam Pakuburan Urang Limo Suku yang terletak di Kampung Sikumbang saat ini dinilai sudah terlalu sempit.

Ketiga, akan dibangun sebuah Sasaran Silat di Kampung Jambak Lubuk Lintah seiring telah dilewakannya salah satu anak/kamanakan urang Jambak sebagai “Guru Gadang” pada acara “Urak Balabek” yang diselenggarakan di depan Kantor KAN Pauh IX, Kuranji, belum lama ini.

Karena dalam rapat tersebut belum lengkap dihadiri seluruh ninik mamak dan kamanakan Suku Jambak Lubuk Lintah, maka akan diadakan rapat lanjutan sebelum diambil keputusan final. (noa)