Walikota Sawahlunto Deri Asta Resmikan TPU Cemara Lubang Panjang

SAWAHLUNTO TABLOIDBIJAK.COM
Walikota Sawahlunto Deri Asta meresmikan tempat pemakaman umum (TPU) Cemara di Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Minggu (16/2/2020).

TPU Cemara seluas 2 hektar berasal dari tanah hibah PT BA UPO yang kemudian dibangun dengan dana kelurahan dan bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT BA UPO. Selain dijadikan TPU, disekitar lokasi pemakaman juga ditanami bibit tanaman buah buahan seperti manggis dan jambu madu bekerjasama dengan DKP3 Kota Sawahlunto.

Sehingga nantinya diharapkan, masyarakat disekitar lokasi pemakaman atau pihak pengelola makam dapat menikmati hasil dari buah pohon tersebut.

Walikota Deri Asta dalam sambutannya mengapresiasi semangat gotong royong warga Lubang Panjang. Dengan bergotong royong yang dilakukan secara rutin akhirnya lahan kosong dapat digunakan sebagai TPU.

” Kami mengapresiasi semangat gotong royong warga kelurahan Lubang Panjang. Kegiatan ini juga termasuk mendukung program pemerintah dalam menumbuhkan kembali semangat gotong royong di tengah tengah lingkungan masyarakat, ” ujar Deri Asta.

Walikota Deri Asta didampingi Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu dan Camat Kecamatan Barangin Zainul menandatangi prasasti diresmikannya penggunaan TPU Cemara oleh masyarakat umum.

Camat Kecamatan Barangin Zainul Anwar menjelaskan pembangunan makam dibiayai dengan dana sarana prasarana Kelurahan lubang Panjang pada APBD 2019 sebesar Rp 190 juta. Selain itu, bantuan dana CSR PT BA UPO sebesar Rp 100 juta. Tahun 2020 dikatakan Zainul Anwar kembali dianggarkan dana kelurahan sebesar Rp 190 juta.

” TPU Cemara saat ini sudah ditempati sebanyak 20 makam. TPU Cemara nantinya dikelola oleh masyarakat Lubang Panjang. Penanaman bibit buah buahan disekitar lokasi makam bertujuan untuk penahan tanah menghindari terjadinya longsor di areal pemakaman dan juga menjadi nilai tambah ekonomi bagi pengelola makam tersebut,” ujar Zainul Anwar.