Dermaga Pulau Ujung Kota Pariaman Bakal Dibangun Sebagai Tempat Kunjungan Wisata Kuliner

 

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Kota Pariaman saat ini terkenal dengan wisata baharinya. Berbagai tempat wisata bahari bisa dikunjungi para pengunjung yang datang berwisata ke Kota Pariaman. Sebut saja Pantai Gandoriah, wisatawan bisa berfoto di anjungan Pantai Gandoriah dengan latar Pulau Angso Duo, dan juga bisa menikmati atraksi kesenian suguhan anak nagari di pentas pantai Gandoriah.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril  mengatakan kita sudah bertemu dengan seorang pejabat pengelolaan ruang laut dari kementrian kelautan, beliau menyarankan kepada kita untuk mengajukan program-program baru yang berkaitan dengan dermaga yang ada di Kota Pariaman, dan kita sepakat waktu itu memasukan pulau ujung sebagai lokasi yang akan dibangun, Kamis (26/12/2019).

Dijelaskan, kenapa Pulau Ujung kita pilih karena sesuai dengan program Walikota Genius Umar, ingin menjadikan pulau-pulau kecil yang ada di wilayah Kota Pariaman sebagai tempat tujuan wisata yang berkesan bagi wisatawan, dan juga ingin menjadikan pulau ujung sebagai tempat kunjungan wisata kuliner.

“Jadi untuk pulau-pulau tersebut sudah ada bagian-bagiannya oleh Pemerintah Kota, seperti Pulau Angso Duo dijadikan sebagai tempat wisata keluarga yang religi, pulau tangah sebagai tempat wisata edukasi yang rencananya akan dijadikan taman burung, dan pulau ujung akan menjadi tempat lokasi wisata kuliner”, jelas Dasril.

Lebih lanjut beliau menjelaskan “Untuk itu sekarang kita lagi buat proposal pengajuan perencanaan untuk tahun 2020 nanti, sesuai dengan pembicaraan dengan Kementrian Kelautan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, mereka akan membantu untuk pembangunan dermaga tersebut, dan rencananya Januari tahun 2020 Walikota Pariaman akan melakukan expose berkaitan dengan rencana tersebut”.

 

Kemudian juga ada Pantai Penyu yang terletak di Desa Apar Pariaman, wisatawan bisa melihat penyu yang ada di penangkaran penyu, sekaligus bisa melepas tukik atau penyu ke lepas pantai. Selain itu juga ada pantai anas malik, disana ada wahana permainan untuk anak-anak sehingga cocok sekali untuk tempat wisata keluarga.

Selain itu juga ada pantai cermin, disana kita bisa melihat pulau tangah. Di Pantai cermin sering juga dijadikan tempat untuk berolahraga khususnya sepatu roda, dan bahkan pantai cermin juga pernah dijadikan untuk lokasi lomba sepatu roda tingkat Nasional.

Wisata bahari berikutnya adalah pantai kata, disana kita juga bisa menikmati kuliner aneka rasa mie yang dijual disana. Selain itu juga bisa berswafoto di batu warna warni yang juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang kesana. Dan juga bisa melihat pulau ujung dengan jelas disana.

Pulau Ujuang merupakan salah satu pulau yang ada di Kota Pariaman yang saat ini rencananya akan dibuatkan dermaga apung dan sekaligus menjadi tempat wisata kuliner. Saat ini Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan sedang mempersiapkan sarana dan prasarana untuk pembangunan di pulau ujung tersebut. (Desi)