Riska Spriyuni Dari Kota Pariaman, Juara I Dalam Grand Final Design Batik Sampan 2019

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)— Riska Spriyuni dari Kota Pariaman, berhasil keluar sebagai Juara I, dalam cara Grand Final Design Batik Sampan 2019 dan  berhak memboyong hadiah  uang tunai  Rp 4 jt dan trophy, Sabtu (21/12/2019) di Pantai Kata Kota Pariaman.

Ketua Dekranasda Kota Pariaman, Lucy Fenius mengatakan,  mungkin ada sebagian dari kita kurang mengetahui seperti apa batik Sampan bahkan nyaris tidak tahu sama sekali. Untuk itu Pemerintah Kota Pariaman bersama Dekranasda kembali memperkenalkan kepada kita semua batik sampan Kota Pariaman dengan telah dilakukan soft lounching batik sampan pada Bulan Juli 2019 di Pantai Gandriah Kota Pariaman.  

Dijelaskan, perkembangan semakin dilihat setelah dilakukan soft lounching batik sampan banyak peminat sehingga kewalahan dengan tenaga kerja yang belum banyak. Kembali Pemerintah melakukan pelatihan membuat batik sampan bagi masyarakat Kota Pariaman dan hasilnya hingga saat ini banyak pengarajin telah menghasilkan design – design batik sampan.

“ Untuk lebih membuat batik sampan go nasioanl bahkan internasional, kami satu bulan yang lalu mengadakan lomba design batik sampan 2019 untuk tingkat nasional. Ada 23 perancang yang telah mengirimkan bahannya dan bahan tersebut telah dijadikan pakaian sehingga malam ini akan ditampilkan oleh para model design batik sampan tersebut dan akan ditentukan 5 terbaik yang akan menjadi pemenangnya, “ jelas ibu Lucy

Adapun kriteria penilaian pada Grand Final Design Batik Sampan 2019 ini meliputi 3 aspek, mulai dari aspek motif 40 % , aspek aplikasi pada kain 30 %  dan aspek deskripsi/ penjelasan motif. Setelah disaksikan secara langsung, maka tepilihnya pemenangnya.

Berikut daftar pemenang Design Batik Sampan 2019,

  1. Juara I Riska Spriyuni dari Kota Pariaman dengan hadiah Rp 4 jt dan trophy
  2. Juara II Suparno dari Wonogiri dengan hadiah Rp 3,5 jt dan trophy
  3. Juara III Rima Anggi Sudarmi dari Surakarta dengan hadiah Rp 3 jt dan trophy
  4. Harapan I Jonedi dari Kabupaten Padang Pariaman dengan hadiah Rp 2,3 t dan trophy
  5. Harapan II Riri Puspita Rani dari Kota Pariaman dengan hadiah Rp 2 jt dan trophy

 

Lucy  berharap kepada yang menang tetap ditingkatkan lagi kreatifitasnya dan bagi yang kalah jadika ini sebagai motivasi karea kedepannya kita akan mengekplorasi berbagai macam motif dari batik sampan namun tida meninggalkan motif asli yang berbentuk tabuik dan motif – motif lama yang sudah ada dokumentasinya pada kantor Drkranasda Kota Pariaman.(dewi lestari)