Bupati Pasaman Buka Bimtek Gerakan TP-PKK

TABLOIDBIJAK.COM (Pasaman)—–Tim Penggerak PKK merupakan salah satu organisasi yang lahir dan berkembang sebagai wujud partisipasi melalui pelaksanaan program yang bervariasi sesuai dengan karakteristik serta potensi yang dimiliki dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan PKK tahun 2019 bertempat di Gedung Syamsiar Thaib, Lubuk Sikaping, Kamis.(17/10/2019).

Bupati Yusuf Lubis menyebutkan, penyelenggaraan Bimtek merupakan penjabaran dari pelaksanaan program kerja TP PKK Pasaman, dimana selain kegiatan yang langsung menyentuh keluarga dan masyarakat juga diiringi dengan kegiatan peningkatan pengetahuan pembinaan keluarga.

Dimana kata Bupati, setiap program kerja tersebut diharapkan pengurus PKK mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke Dasawisma mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

Kata Yusuf Lubis, Gerakan PKK sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan keluarga mandiri dan sejahtera, yang selama ini menunjukkan eksistensinya melalui berbagai kebijakan dan program untuk mendukung Visi pemerintah kabupaten pasaman dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

Untuk itu kata Bupati, peran serta pemerintah melalui dinas terkait bersama dengan kecamatan diharapkan bersatupadu memberikan pengayoman, pembinaan dan bahu membahu dalam menginteraksikan dan mensuport seluruh kegiatan PKK, sebab peran serta semua pihak akan mampu mewujudkan cita-cita mulia dari Gerakan PKK, dan dirasakan oleh seluruh keluarga dan masyarakat.

“Mari ikuti Bimtek ini dengan sebaik baiknya. Karena, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan gerakan PKK di Pasaman terutama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK provinsi Sumatera Barat, Wartawati Nasrul Abit menyebutkan, Pembinaan dan Bimtek ini adalah kegiatan rutin yang lakukan di Provinsi, yang gunanya untuk mengingatkan kembali peranan PKK di tiap daerah, sehingga diperlukan adanya kordinasi.

Nyonya Wartawati juga mengingatkan tentang peranan penting dari TP-PKK yang ada di daerah dalam mensukseskan 10 program pokok PKK, yang mana apabila dapat diterapkan akan menjadi sukses daerah dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan warganya.

“Segera mengantisipasi dengan memberikan penyadaran dan pemahaman pada keluarga dan masyarakat akan bahaya perilaku LGBT dan pemakaian narkoba melalui program pembinaan gerakan PKK sehingga keluarga dapat memberikan pola asuh serta keteladanan yang benar terhadap anak agar mereka terhindar”, katanya.

Turut ditambahkan, melalui Bimtek ini berharap kepada tim penggerak PKK Kabupaten Pasaman ini agar melaksanakan pembinaan secara berjenjang pada kecamatan dan ke tim penggerak PKK dan kelurahan serta kelompok PKK di RW RT sampai ke kelompok dasa wisma secara kontinu dan berkelanjutan di daerah.

Bahkan kata dia, pihaknya juga telah melaksanakan secara rutin kegiatan di TP-PKK, “Setiap tahunnya kita telah melaksanakan penilaian lomba kegiatan gerakan PKK secara berjenjang, yakni penilaian tingkat kecamatan dilanjutkan ke tingkat kota dan hasilnya dibawa ke penilaian tingkat provinsi Sumatera Barat dan seterusnya dilanjutkan ke tingkat nasional”, ujar Ny Wartawati.

Juga disampaikan, Kabupaten Pasaman mempunyai kader-kader PKK yang sukses dan tekun, hal ini dibuktikan setiap ada kegiatan dan perlombaan baik di tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional, PKK Kabupaten Pasaman selalu ikut serta dan berperan aktif.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny Suryani Yusuf Lubis dalam laporannya mengatakan, TP PKK Kabupaten Pasaman telah banyak melaksanakan kegiatan walaupun belum maksimal masih banyak kekurangan dan kelemahan. Namun kami tetap optimis terus berkarya melalui gerakan PKK.

Kata Suryani, dalam melaksanakan kegiatan yang sudah disusun dalam program kerja tahun 2019 kami sudah melaksanakan revisi kepengurusan, karena ada diantara Ibu pengurus yang pindah tugas sesuai SK Ibu TP PKK saat itu Ny Suryani Yusuf Lubis Nomor 03/KEP/PKK.KAB/III/2019.

“Pada tanggal 22 melaksanakan lomba Ketua Dasawisma tingkat kabupaten Pasaman dan diperoleh nominasi dan dilanjutkan dengan penilaian lapangan pada tanggal 25 – 28 Januari 2019,” ujarnya.

Saat ini, kata Suryani lagi, TP PKK Pasaman memiliki 4 pokja. Dalam 4 Pokja tersebut, berbagai kegiatan dan sosialisasi telah dilakukan ditengah masyarakat. Begitupun penghargaan juga sudah banyak diraih oleh TP PKK Pasaman, baik tingkat Kabupaten maupun tingkat provinsi Sumbar.

Pada Pokja I, kita mengarahkan pembinaan mental spiritual dalam rangka peningkatan kualitas SDM menuju masyarakat yang agamis dan berbudaya. “Dari 10 program PKK ada dua program yang dilaksanakan yakni, penghayatan dan pengamalan pancasila, dan gotong royong,” terangnya.

Selanjutnya pada Pokja II, kegiatan yang dilakukan pencanangan Dasawisma tahun 2019, melaksanakan anjang sana ke panti asuhan, mempersiapkan kunjungan kerja Ivu OASE di PAUD Khairunnisa, dan mengikuti pameran UP2K.

Kemudian, Pokja III adalah, Pembinaan Hatinya PKK, sosialisasi pangan aman, dan sosialisasi menu B2SA serta kegiatan lainnya. “Pada Pokja IV juga telah dilaksanakan kegiatan, seperti pembinaan Posyansu Al-Fallah, dan kegiatan sosialisasi 1000 hari pertama untuk pencegahan Stunting,” terangnya.

Diakhir laporannya, Ny Suryani mengharapkan agar kader PKK di setiap lini agar dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, sehingga peranan PKK yang kita inginkan yang hadir di tengah masyarakat, benar-benar dapat diimplementasikan. (Fauzan)