Dalam Rangka Memeriahkan Hari Nusantara FKH Kota Pariaman Gelar Green Festival

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Hari Nusantara, Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Pariaman, kembali gelar Green Festival sebagai rangkaian dari kegiatan Hari Nusantara tersebut, dimana puncaknya nanti, tanggal 14 Desember 2019, akan dihadiri oleh orang nomor satu RI, yaitu Presiden Jokowi.

Kota Pariaman telah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Hari Nusantara Nasional 2019, dimana nantinya rangkaian kegiatan dan acara, akan dipusatkan di Pantai Gandoriah, dimulai dari tanggal 7-14 Desember 2019.

Berbagai kegiatan pada Hari Nusantara tersebut mulai dari Mancing Mania, Lomba Lari Wirabraja Run 10K dan 5K, Pameran Nusantara Expo, Bakti Sosial Kesehatan gratis, Pencanangan gerakan Pilah sampah, Bakti Sosial lingkungan, Atraksi dari TNI dan Green Festival dari FKH Kota Pariaman.

Ketua FKH Kota Pariaman, Junaidi mengatakan untuk Green Festival kali ini “Naik Kelas” , yang mana biasanya hanya diadakan untuk tingkat Kota Pariaman saja, di tahun 2019 ini, berkaitan dengan kegiatan Hari Nusantara, diadakan menjadi tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Green Festival atau Festival Hijau, adalah kegiatan rutin yang setiap tahun kami selenggarakan, kegiatanya berupa pemilihan Duta Kota Hijau tingkat Kota Pariaman, dan sebagai rangkaian acara Hari Nusantara di Tahun 2019 ini, kami buat Duta Hijau tingkat Sumatera Barat”, ujarnya ketika memberikan keterangan, Jum’at (6/12/2019).

Pada Green Festival, selain pemilihan Duta Hijau, juga diadakan lomba Daur ulang sampah, dimana para pelajar akan berkreasi membuat karya yang menarik dan dapat digunakan, dan lebih baik lagi apabila bernilai ekonomis, dari sampah yang ada di sekitar, atau yang dibawa sendiri, dimana untuk Tahun 2019 berupa daur ulang sampah plastik.

“Selain itu, para peserta Duta Hijau Sumbar nantinya juga akan mengadakan Fashion Show baju daur ulang yang dipakainya, dan diakhir acara nanti, akan diadakan Bersih Pantai, dimana kita menginginkan Zero Waste di akhir acara”, ungkapnya.

Untuk Pemilihan Duta Hijau Sumbar, telah dibuka pendaftaran dari sekarang sampai tanggal 11 Desember, dengan menghubungi Nomor yang ditunjuk oleh panitia. “Pada hari Rabu (11/12/2019) kita akan adakan test tertulis di Aula Kantor bersama Kota Pariaman, Karan Aur, dimana test ini akan menentukan apakah lolos untuk mengikuti pada babak selanjutnya di tanggal 12 Desember, esok harinya”, jelas.

“Total hadiah uang tunai untuk pemenang Duta Hijau Sumbar, yang akan diperebutkan nanti sebesar 7,5 Juta rupiah, selain mendapatkan Piala dan Piagam nantinya. Untuk Lomba Daur ulang, uang tunai yang kita berikan nanti, total sebesar 5 juta rupiah, juga mendapatkan Piala dan Piagam”, tutupnya.

Untuk Pendaftaran peserta, yang merupakan Pelajar SMA sederajat dan SMP sederajat se Provinsi Sumatera Barat, dapat menghubungi Nomor 081329653778 (Junaidi), 085263851622 (Yeni) dan 085272911313 (Desra), untuk informasi lebih lanjut. (J)