Besok, UNP Anugerahkan Jusuf Kalla Doktor Honoris Causa

TABLOIDBIJAK (Padang) – Penganugerahan Doktor Honoris Causa (DR HC) Universitas Negeri Padang (UNP) kepada mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla yang juga urang sumando Sumatera Barat itu dijadwalkan besok, Kamis 5 Desember 2019, di Auditorium UNP.

“Penganugerahan DR HC kepada pak JK besok, sekitar pukul 09.00 WIB,” ujar Wakil Rektor I UNP Yunia Wardi saat jumpa pers di Ruang Sidang Rektor UNP, Rabu, 04 Desember 2019.

Dikatakannya, penganugerahan diberikan karena kiprah JK yang dinilai dan dipandang sebagai tokoh penggagas, pejuang dan pengawal mutu pendidikan di Indonesia.

“Pak JK telah menggagas lahirnya ujian nasional (UN), sehingga mampu mendorong anak-anak untuk belajar dan juga telah melahirkan delapan standar Standar Nasional Pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjutnya, penganugerahan kepada JK ini merupakan tokoh yang kelima diberikan UNP. Adapun gelar doktor kehormatan sebelumnya yang pernah diberikan UNP selama ini, yakni kepada Muhammad Syafei, Gamawan Fauzi, Megawati Sukarnoputri, dan Dato’ Seri Anwar Ibrahim.

Selain itu Prof. Sufyarma Marsidin, salah seorang promotor penganugerahan gelar Dr. HC untuk JK mengatakan, tema yang akan disampaikan JK yaitu ‘Penjaminan Mutu Pendidikan’. Menurutnya, dalam pemilihan tema ini karena UNP telah melakukan kajian yang mendasar bahwa JK sangat komit dengan mutu pendidikan.

“Pak JK juga mampu mendorong anak-anak untuk belajar keras. Karena kalau anak-anak belajar keras tentu juga akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkapnya. (fardi)