Ketua DPRD Kota Padang Diambil Sumpah/Janji oleh Ketua PN Padang

PADANG – Syafrial Kani Resmi Pimpin DPRD Kota Padang setelah diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas I A Padang Bambang Hery Mulyono pada Rapat Paripurna dengan agenda penetapan pimpinan DPRD Padang di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Padang, Selasa (17/9).

Syafrial Kani, SH Dt Rajo Jambi akhirnya resmi memimpin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang dalam kurun periode masa jabatan 2019-2024.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Padang menjabat Ketua DPRD Kota Padang defenitif untuk 5 tahun ke depan usai dikukuhkan dan diambil sumpah jabatannya dalam Rapat Paripurna dimaksud.

Diketahui Syafrial Kani merupakan peraih suara terbanyak yakni, 7.091 suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April 2019 lalu itu.

Selain Syafrial Kani, juga dikukuhkan dikesempatan itu 3 orang Wakil Ketua DPRD Kota Padang yaitu Wakil Ketua Arnedi Yarmen dari PKS, Amril Amin dari PAN dan Ilham Maulana dari Partai Demokrat.

Wali Kota Padang Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik atas dikukuhkannya pimpinan DPRD Kota Padang yang defenitif periode jabatan 2019-2024 kali ini.

“Dengan telah definitifnya pimpinan DPRD Kota Padang hari ini, maka selanjutnya juga kita harapkan pimpinan komisi, fraksi dan seluruh kelengkapan di DPRD Padang akan segera diputuskan dan ditetapkan. Mudah-mudahan dengan lengkapnya itu semua, maka tentu segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas DPRD bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya,” harapan Walikota Padang.

Dikatakannya, tugas utama DPRD bersama Pemko Padang yang terutama sekali dihadapkan adalah pembuatan Peraturan Daerah (Perda), lalu pembahasan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Padang Tahun Anggaran (TA) 2019. Kemudian, penetapan APBD TA 2020 serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang 2019-2024.

“Setelah itu beberapa agenda lainnya seperti yang kita sampaikan pada rapat-rapat paripurna sebelumnya, yakni sekaitan dengan pembahasan Susunan Organisasi dan Tata Kerja di lingkup Pemko Padang. Dimana pada 2020 nanti sesuai dengan Surat dari Mendagri, dalam mensukseskan visi-misi Pemko Padang tentunya juga mesti didukung OPD-OPD yang lebih solid dan fokus,” jelas Mahyeldi.

Dengan demikian, kata Mahyeldi, agenda untuk mensejahterakan masyarakat Kota Padang dan agenda-agenda yang berkaitan dengan kepetingan pemerintah akan bisa terartikulasi secara baik bersama DPRD yang mana kemudian ditetapkan dalam Perda atau peraturan pelaksanaan terkait lainnya.

“Sekali lagi atas nama Pemko Padang, kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kesempatan ini sekaligus unsur media massa yang berjasa dengan telah mempublikasikan kepada publik/masyarakat di Kota Padang tentang seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Pemko dan DPRD Kota Padang sejauh ini,” pungkas Mahyeldi mengakhiri.

Sementara Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani usai pengukuhan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung segala sesuatunya hingga ia dikukuhkan sebagai Ketua DPRD defenitif.

“Insya Allah kami bersama semua pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024, siap mengemban tugas dan amanah dengan sebaik-sebaiknya. Sebagaimana sejumlah tugas sudah menanti,” cetusnya.

Prosesi pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Padang pun berjalan tertib dan khidmat dengan disaksikan Wali Kota Padang Mahyeldi, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa serta semua anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024. Juga hadir unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Harneli, serta sejumlah OPD di lingkup Pemko Padang dan stakeholder terkait lainnya.