Sebanyak 500 Narapidana di Sumbar Bebas di HUT RI

TABLOIDBIJAK (Padang) – Sebanyak 500 orang narapidana di Sumatera Barat (Sumbar) menghirup udara bebas karena mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman pada hari kemerdekaan Indonesia.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) di serahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang didampingi oleh Wagub Sumbar Nasrul Abit, serta Kapolda Sumbar Fakrizal, di Lapas Anak Aia, Padang, Sabtu, 17 Agustus 2019.

“Ada 2956 narapidana di Sumbar yang mendapat remisi. Dari angka itu, 500 napi langsung menghirup udara bebas,” ujar Irwan.

Gubernur Sumbar mengatakan pemberian remisi ini berdasarkan ketentuan perundang-undangan di antaranya pasal 1 ayat 1 Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 174 Tahun 1999, pasal 1 ayat 6 Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999, dan pasal 34 Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 1999.

Dikatakannya, pemberian remisi seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan permasyarakatan, tetapi lebih dari itu remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan yang berhasil menunjukan perubahan perilaku, kualitas dan kompetensi diri.

“Melalui remisi ini diharapkan seluruh warga binaan agar selalu patuh dan taat pada hukum dan norma,” ungkapnya. (fardi)