Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Nofrizal Nur Selalu Memantau Kesehatan Sapi Qurban

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman secara rutin setiap tahunnya mengadakan pemantauan dan  pemerkisaan kesehatan hewan yang akan dijadikan sebagai hewan qurban.

Hal itu disampaaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Nofrizal Nur, ketika ditemui di ruang kerjannya, Rabu (24/07/2019).  

Nofrizal Nur mengatakan “untuk tahun 2019 ini kami menurunkan empat tim untuk masing-masing kecamatan di Kota Pariaman terdiri dari tenaga medis, paramedis, dan administrasi bertugas untuk mencatat fisik hewan qurban yang sudah diperiksa kemudian akan dipasangi label pada tiap-tiap hewan sudah dinyatakan sehat untuk disembelih.  

“Untuk proses pemeriksaan tim akan mendatangi pengepul sapi untuk memeriksa kesehatan sapi dan memantau apakah sapi tersebut layak untuk dipotong atau tidak dengan mengikuti syariat Islam dan memenuhi standar tekhnis baik dapat menghasilkan daging qurban memenuhi kriteria  ASUH ( Aman, Sehat, Utuh, dan Halal)”, ungkap Kabid  dikenal supel dalam pergaulan ini.

Pengawasan dan pemeriksaan  difokuskan kepada kesehatan hewan qurban untuk menjamin hewan tersebut bebas dari penyakit, proses penyembelihan dan kesejahteraan hewan, dan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran penyakit hewan menjelang perayaan qurban.  

“Untuk Sapi yang diperiksa ini kita tidak membatasi dari mana sumbernya untuk wilayah Kota Pariaman , di wilayah Kabupaten Padang Pariaman seperti Sei. Sariak, Paguah, Sei.Sirah dan daerah lainnya.  Bisa saja sapi di Kota Pariaman di bawa ke kabupaten atau sebaliknya.  l”, jelas Nofrizal Nur  lebih lanjut

Pemantauan dan Pemeriksaan hewan kurban ini dimulai dari tanggal 22 Juli sampai dengan 08 Agustus 2019, guna mencegah kemungkinan masuknya penyakit yang berbahaya. (Desi)