Notaris di Sumbar Masih Tipe D, Nasrul Abit Dorong Naik ke Tipe B

TABLOIDBIJAK (Padang) — Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit menyampaikan notaris di Sumbar masih kategori tipe D. Pasalnya, untuk naik ke tipe C, B hingga A membutuhkan waktu yang panjang.

Pernyataan itu disampaikannya usai Halal BI Halal Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia dan Pengurus Wilayah Pejabat Pembuat Akta Tanah Provinsi Sumatera Barat (PENGWIL INI – IPPAT), di Padang, Rabu, 3 Juli 2019.

Wagub berharap bisa di evaluasi. Pasalnya, sangat disayangkan karena ada sekitar 600 orang notaris yang ada di masing-masing kabupaten kota.

Maka dari itu, ia meminta kemenkumham untuk mengevaluasi kalau bisa naik secara bertahap.

“Karena tidak mungkin kita tipe D terus. Naik dulu ke tipe C kalau bisa langsung tipe A,” ucapnya.

Sementara Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Indrajaya menyampaikan, pihaknya sudah mengirim surat dan sudah membicarakan bersama kanwil termasuk beberapa pengurus pusat.

Dikatakannya, tanggal 28 Agustus mendatang pengurus wilayah akan mengadakan pemilihan ketua dan pada saat yang sama menteri juga kunjungan ke Padang.

“Maka dari itu kita akan minta untuk mengisi acara sekaligus kita meminta permohonan untuk dinaikan ke tipe C,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, sebenarnya kendala tidak ada, tapi secara keputusan menteri yang tidak diketahui kenapa faktor di Padang dan Bukittinggi tipe D. Padahal, daerah lain yang dibawah Padang dan Bukittinggi malah dapat tipe C.

“Kita berharap kedepan notaris di Padang dan Bukittinggi minimal bisa mencapai tipe B,” pungkasnya. (fardi)