Wagub Sumbar Minta Dewan Hakim MTQ Profesional dan Objektif

TABLOIDBIJAK (Solok)—Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit melantik dewan hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXXVIII tingkat Provinsi Sumbar di Kota Solok, Jumat malam, 14 Juni 2019.

Dalam Sambutan Nasrul Abit mengatakan, menjadi anggota dewan hakim tidaklah mudah, sebab mereka dilantik dari hasil seleksi ketet tim rekrutmen Kementerian Agama (kemenag). Bahkan, usulan calon dewan hakim dari setiap daerah tidak begitu saja diterima tetapi dianalisa dan dinilai kemampuannya.

“Jadi mereka dilantik itu disumpah agar profesional dalam menjalankan tugasnya. Sebab, tugas mulia yang diemban dewan hakim ini, harus dijalankan secara profesinal dengan penilaian yang jujur dan obyektif,” ujarnya di hadapan 224 dewan hakim yang baru dilantik.

Dengan penilaian yang jujur dan obyektif, kata Wagub sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas peserta MTQ. Apalagi saat ini menggunakan Teknologi Informasi sehingga tidak terjadi adanya kecurangan dalam menetapkan pemenang disetiap cabang lomba MTQ.

“Dengan adanya ini tidak akan adalagi kecurangan karena sudah ada nilainya, karena begitu mereka selesai nilainya langsung keluar,” ujar Nasrul.

Ia juga mengatakan, siapapun yang menjadi pemenang nantinya akan menjadi bagian kontingen kafilah Sumbar pada MTQ Nasional ke-XXVIII tahun 2020 mendatang.

Sementara, Walikota Solok Zul Elfian menyampaikan, sebanyak 1.099 orang kafilah yang mewakili seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

Adapun pembukaan akan dilaksanakan Sabtu, 15 Juni 2019 sekitar jam 20.00 WIB di Lapangan Merdeka yang direncanakan dibuka oleh Dirjen Bina Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dikatakannya, untuk jumlah cabang yang akan diperlombakan dalam MTQ ke 38 Kota Solok ini akan ada 14 Cabang, diantaranya Tilawah, Qira’at Alquran, Tahfiz, Tilawah, Tafsir, Tartil, M2IQ, dan Qasidah, ke 14 cabang itu terdiri dari berapa kategori dibawahnya.

Sedangkan, untuk tempat perlombaan untuk berapa cabang itu terbagi di 17 tempat yang berada disekitaran Kota Solok, antaranya di Masjid Agung Al Muhsinin, Gedung Kubung Tigo Baleh, Masjid Syukur Simpang Rumbio, Masjid Iqrar IX Korong, Masjid Syura Pandan, Masjid Nurul Hidayan Banda Pandua, Masjid Nurul Imam Asrama XII, MAN Kota Solok, MTSN Kota Solok, Masjid Nurul Huda Tembok, Masjid Baitul Mukmin Taluak Laing, GOR Tanjuang Paku, Masjid Qadarul Yakin Kampung Jawa dan lainnya.

“Untuk penyelengaraan MTQ nanti akan diselengarakan dari tanggal 15 hingga 21 Juni 2019,” ungkapnya. (fardi)