Kunjungi Korban Gempa Solsel, Gubernur Sumbar Serahkan Bantuan Rp 700 Juta

TABLOIDBIJAK (Solok Selatan) — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengunjungi korban gempa di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) yang terjadi pada Kamis 28 Februari 2019 lalu, yang berkekuatan 5,6 SR.

Selain mengunjungi korban gempa, Irwan juga melihat secara langsung korban gempa serta menyerahkan bantuan di Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo, Minggu 3 Maret 2019.

Dijelaskannya, total bantuan yang diserahkan sebesar Rp.700 juta, diantaranya Rp300 juta dari Pemprov Sumbar, Rp.250 juta dari BNPB, Rp.50 juta dari BNI dan Rp.100 juta dari Baznas.

Bantuan tersebut, kata Irwan akan digunakan untuk perbaikan rumah, diantaranya rumah rusak berat 111 sedangkan rusak ringan dan sedang sekitar 400 rumah.

Dikatakannya, rata-rata rumah rusak akibat gempa di Solsel karena tidak mengikuti konstruksi bangunan. Pasalnya, kalau diikuti konstruksi bangunan berkemungkinan tidak separah ini.

”Pemerintah memang tidak bisa membangunkan secara utuh, uang tidak cukup, kami hanya memberi bantuan,” ujar Irwan.

Gubernur juga mengimbau, bagi masyarakat yang kondisi rumahnya hanya rusak ringan untuk dapat kembali ke rumah. Begitu juga dengan yang rusak sedang, jika sudah memungkinkan untuk kembali rumah masing-masing.

“Kalau kondisi beberapa hari kedepan sudah membaik. Rumah yang rusak ringan sebaiknya tak tinggal lagi di pengungsian,” ujarnya.

Sementara Kepala BPBD Solok Selatan Johny Hasan Basri mengatakan, selain membutuhkan tenda darurat untuk warga yang berada di pengungsian. Korban gempa juga membutuhkan makanan tambahan terutama untuk bayi seperti susu dan makanan siap saji.

Dikatakannya, sekitar 840 KK terdampak akibat gempa. Mereka tersebar di 120 tenda pengungsian pada 3 kecamatan. (fardi)