Pengurus Pelti Sumbar Dilantik: Tak Incar Medali Tenis di PON 2020

BIJAKONLINE (Padang)—Pengurus baru Pengprov Pelti Sumbar 2019-2024 akan lebih fokus pada pembinaan petenis usia muda, bukan target medali di PON 2020. Pengurus baru Persatuan Tenis Seluru Indonesi Provinsi Sumatera Barat dibawah Ketua Umum Prof Syahrial Bakhtiar tersebut, dilantik dan dikukuhkan di Lapangan Tenis Sport Science Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (1/03/2019).

Demi mewujudkan targetnya tersebut, Syahrial berencana menggiatkan kejuaraan-kejuaraan tingkat daerah dan mengikuti berbagai kejuaraan ditingkat nasional dan sekalian mempersiapkan tim tenis Sumbar menuju Kejurnas Pra PON 2020.

“Untuk melahirkan banyak pemain muda, yang akan mengibarkan Tua Sakato tentu harus melalui turnamen maupun kejuaraan daerah. Pengcab juga diwajibkan menggelar Pertandingan Sabtu Minggu (Persami) guna menjaring pemain berbakat yang nantinya akan mewakili kabupaten dan kotanya dilevel Kejurda,” kata Syahrial, yang sehari-hari adalah Wakil Rektor IV UNP.

Dalam kepengurusannya, Syahrial banyak melibatkan mantan-mantan petenis andalan Sumbar. Beberapa mantan petenis Sumbar yang terlibat dalam kepengurusan Syahrial adalah Ichwan Rizaldi, Risyki Syahputra, Hardinon.

Menyinggung target tenis Sumbar di PON 2020 mengatakan bahwa raihan medali emas sepertinya akan sangat berat. Hal itu disebabkan materi pemain Sumbar masih sulit bersaing dengan petenis-petenis provinsi lainnya di Indonesia.

“Target kita tidak muluk-muluk, lolos PON saja sudah bagus. Pokoknya kita harus berangkat ke Bumi Papua, apapun itu. Saat ini memang kita masih sulit bersaing, namun melalui pembinaan usia muda yang lebih fokus kita pasti mampu mengejar ketinggalan,” kata Syahrial soal target tenis Sumbar di PON 2020.

Sementara itu pelantikan dang pengukuhan pengurus Pelti Sumbar masa bakti 2019-2024 telah mengalami pembaharuan. Biasanya pelantikan dilakukan di suatu gedung, kali ini pelantikan langsung di lapangan tenis dan dihadiri langsung Ketua Umum PP Pelti, Dr Rildo Ananda Anwar. Dengan semangat dan kesungguhan, berbagai program-program baru pun telah dicanangkan oleh Ketua Umum Pengprov Pelti Sumbar, Syahrial.

Upacara pelantikan dan pengukuhan berlangsung cukup khidmat, diawali dengan melantunkan bersama lagu Indonesia Raya, Mars Patriot Olahraga dan Mars Bahana Tenis. Dihadiri oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal selaku Ketua Dewan Pembina dan Rektor UNP, Prof Ganefri selaku Sekretaris Dewan Pembina Pengprov Pelti Sumbar, seluruh pengurus baru Pengprov Pelti Sumbar periode 2019-2024 dan anggota dewan pembina, Rizaldi Algamar beserta para atlet yang dipersiapkan menghadapi Kejurnas Pra PON 2020, juga awak media yang meliput.

Tidak hanya prosesi pengukuhan, juga dilakukan penandatangan berita acara pelantikan yang ditandatangani langsung Ketua Umum PP Pelti, Rildo Ananda Anwar. Semoga dengan terpilih dan dilantiknya kepengurusan Pengprov Pelti Sumbar yang baru ini menjadi semangat baru bagi seluruh masyarakat dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, khususnya olahraga tenis.

“Mari kita doakan seluruh pengurus Pengprov Pelti Sumbar yang baru ini agar mampu mengemban amanah melahirkan petenis andalan Indonesia di masa mendatang sanggup menghadapi segala tantangan pembinaan di masa depan,” ujar Rildo.

Adapun pengurus Pengprov Pelti Sumbar yang dilantik diantaranya adalah Yulindo, Dr Alnedral, Marpindo, Syafrizal Baktiar, Indrieffouny Indra, Syauqi, Putut Siswoto, Syahril Phd, Azmi Febrian dari unsur pengurus harian. (Agusmardi)